Perkembangan Jumlah UMKM di Sumut Cukup Baik Sekitar 2,8 Juta Unit Usaha

02 Maret 2020 17:32:59 WIB
Perkembangan Jumlah UMKM di Sumut Cukup Baik Sekitar 2,8 Juta Unit Usaha

MEDAN

Keberadaan koperasi, usaha mikro, kecil dan menengah sangat perlu menjadi fokus pembangunan ekonomi pada masa mendatang. Pemberdayaan koperasi juga akan meningkatkan pencapaian sasaran di bidang pendidikan, kesehatan dan indikator kesejahteraan masyarakat Indonesia lainnya. Hal tersebut disampaikan Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) H. Edy Rahmayadi dalam pidato pengarahan melalui Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Provinsi Sumatera Utara (Provsu) H. M. Ayub, SE pada apel pagi di halaman kantor Dinas Kominfo Provsu, diikuti Pejabat Administrator, Pengawas, Staf dan Tenaga Pendukung serta siswa/I pkl, Senin (02/03).

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu kekuatan pendorong pembangunan ekonomi. Perkembangan jumlah UMKM di Sumatera Utara (Sumut) cukup baik yaitu sekitar 2,8 juta unit usaha, hal ini dapat memberikan kontribusi yang cukup baik bagi penumbuhan ekonomi di Sumut, ujarnya.

Terkait pengembangan UMKM yang berdaya saing, telah dikembangkan program permasyarakatan dan pelatihan kewirausahaan, magang wirausaha, inkubator bisnis serta meningkatnya dukungan pembiayaan oleh Pemerintah melalui Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) dan Kredit Usaha Rakyat (KUR), lanjutnya.

Lanjut dikatakan Gubsu, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara juga berupaya memberikan pendampingan melalui peningkatan mutu sumberdaya manusia dengan pelatihan manajemen keuangan, peningkatan mutu produk dan akses pasar.

Untuk itu, Gubsu mendorong semua Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Provsu untuk bersama-sama turut serta menjadi bagian dalam pengembangan dan pemberdayaan koperasi dan UMKM di tempat masing-masing.(IP)

Berita Terkait

Indeks Berita

Polling

Apakah Dinas Komunikasi dan Informatika telah cukup memberikan informasi kepada publik
 Lumayan
 Kurang
 Sangat Bagus

Video

Himbauan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi Vaksin Covid-19

Tag

Statistik

Hari Ini : 230
Kemarin : 479
Minggu ini : 3,126
Bulan ini : 6,715
Total : 5,660,136
Hits Count : 1,877
Now Online : 11 User