Pemprov Sumut Tegaskan Persiapan PON XXI Masih On The Track *Stadion Utama Senilai Rp1,8 Triliun Mulai Dibangun 2023

09 September 2022 22:10:31 WIB
 Pemprov Sumut Tegaskan Persiapan PON XXI Masih On The Track *Stadion Utama Senilai Rp1,8 Triliun Mulai Dibangun 2023

DELISERDANG

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) menegaskan persiapan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 Aceh-Sumut masih on the track. Berbagai persiapan penyelenggaraan sedang berjalan.

Hal itu ditegaskan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Sumut Tuahta Saragih saat konferensi pers terkait pelaksanaan sayembara logo, maskot, tagline dan lagu tema PON XXI di Kantor Dispora Sumut, Jalan Willem Iskandar, Deliserdang, Jumat (9/9). "Kita masih on the track, tetap gas pantang mundur, " kata Tuahta.

Seluruh tahapan persiapan pelaksanaan pun sedang berjalan tanpa ada kemunduran. Untuk persiapan venue, Tuahta mengatakan stadion utama untuk penutupan PON akan mulai dibangun pada tahun 2023. "Nanti bulan Oktober proses pengadaan barang dan jasanya akan dimulai, artinya pelaksanannya tahun 2023," ungkap Tuahta.

Anggaran pembangunan stadion utama di Desa Sena, Deliserdang tersebut berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) senilai Rp1,8 triliun. Di kawasan itu juga dibangun tiga venue, di antaranya venue martial art, voli dan stadion madya. Anggaran ketiga venue ini berasal dari APBD.

"Ketiga venue ini pelaksanaan pembangunannya dalam dua tahun penganggaran atau multiyears tahun jamak, " kata Tuahta.

Selain itu, ada juga venue yang dieksisting dari venue yang sudah ada. Misalnya Kolam Renang Selayang yang akan direhabilitasi. Kolam tersebut akan digunakan untuk venue PON.

Saat ini pun sedang disusun masterplan untuk mengkoordinasikan penyelenggaraan PON. Tuahta memperkirakan Sumut akan kedatangan kurang lebih 12 ribu orang pada saat PON berlangsung. Oleh sebab itu dibutuhkan masterplan yang akan dikeluarkan melalui Surat Keputusan Gubernur.

Mengenai penganggaran pendukung pelaksanaan PON, Tuahta selalu berkoordinasi secara ketat dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD). Menurut Tuahta respons TAPD sejauh ini baik tanpa kendala.

PON XXI Aceh - Sumut 2024 pun akan mendapat bantuan Kementerian Pemuda dan Olahraga dalam penyelenggaraan PON. Bantuan itu berupa bantuan sarana dan prasarana pertandingan seperti alat alat tanding. Bantuan pusat pun juga akan diberikan pada penutupan PON nanti.

Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Ilyas Sitorus mengajak masyarakat Sumut untuk sama-sama menyukseskan pelaksanaan PON yang akan digelar tahun 2024 nanti. Menurutnya dengan dukungan masyarakat, penyelenggaraan PON akan berjalan sukses dan lancar tanpa kendala.

"Harapan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi adalah penyelengaraan PON ini sukses prestasi, penyelenggaraan, administrasi, dengan penyelenggaraan ini pun diharapkan juga perekonomian masyarakat di sekitar venue meningkat, " kata Ilyas.** (H17/DISKOMINFO SUMUT).

Berita Terkait

Indeks Berita

Polling

Apakah Dinas Komunikasi dan Informatika telah cukup memberikan informasi kepada publik
 Lumayan
 Kurang
 Sangat Bagus

Video

Kampanye Gerakan Membaca Koran

Tag

Statistik

Hari Ini : 333
Kemarin : 583
Minggu ini : 1,473
Bulan ini : 174,271
Total : 8,776,511
Hits Count : 3,326
Now Online : 12 User