Hadiri Wisuda UISU Periode I/2022, Edy Rahmayadi Sampaikan Pentingnya Ilmu dan Budi Pekerti dalam Pembangunan Bangsa

26 Januari 2022 19:34:49 WIB
 Hadiri Wisuda UISU Periode I/2022, Edy Rahmayadi Sampaikan Pentingnya Ilmu dan Budi Pekerti dalam Pembangunan Bangsa

MEDAN

Ilmu dan budi pekerti merupakan dua hal penting dalam membangun sebuah bangsa untuk bisa maju menjadi lebih baik di masa mendatang. Karena itu, setiap generasi muda yang mengenyam pendidikan tinggi, diharapkan dapat menunjukkan kualitas keilmuan serta akhlak mulia.

Pesan tersebut disampaikan Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi pada acara Wisuda Sarjana, Pascasarjana dan Profesi Dokter, Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) periode I Tahun Akademik 2022, di Hotel Santika Dyandra Medan, Rabu (26/1).

Hadir di antaranya Ketua Pembina Yayasan UISU T Hamdy Oesman Delikhan Al-Haj, Ketum Pengurus Yayasan UISU Prof Ismet Danial Nasution, Rektor UISU Dr Yanhr Jamaluddin, perwakilan Kopertis, Kopertais, unsur Forkopimda, kepala daerah dan undangan lainnya.

"Paling tidak dalam pertemuan ini mengandung makna silaturahmi, agar kita mendapatkan rezeki dan usia yang berkah. Ratusan universitas swasta yang ada di Indonesia, 60 ribu lebih setiap tahunnya diwisuda seperti ini. Ini yang harus kita pikirkan mau dibawa kemana para lulusan kita ini," sebut Gubernur didampingi Kepala Dinas Pendidikan Sumut Syaifuddin dan Plt Kepala Dinas Kominfo Sumut Kaiman Turnip.

Menurutnya, lulusan sarjana (perguruan tinggi) bukan sekadar sebagai penambah gelar pendidikan hingga dijadikan hiasan dinding rumah. Tetapi bagaimana orang-orang yang lulus, memiliki ilmu pengetahuan dan budi pekerti yang baik/mulia dalam menjalankan peran sebagai anak bangsa yang berpendidikan.

"Kita pahami bahwa Indonesia, khususnya Sumatera Utara, membutuhkan orang-orang yang punya budi pekerti, untuk bisa menyelesaikan berbagai masalah dengan benar. Sebagaimana diajarkan para guru, dosen dan guru besar kita," jelas Gubernur.

Untuk itu, dengan bertambahnya ilmu pengetahuan dari gelar yang diraih, Gubernur berharap hal itu dapat dibuktikan dengan bertambahnya ahlak yang baik, cara bicara yang baik, serta perilaku yang baik di masyarakat. Sehingga tuntuan kerja yang profesional, jalan usaha serta amanah jabatan bisa dijalankan denga penuh tanggung jawab pada level moralitas yang tinggi.

"Selamat anak-anakku, anda bertambah ilmu. Itu berkah dan amanah Allah yang harus dipertanggungjawabkan. Juga kepada para orang tua, saya ucapkan selamat," pungkas Gubernur.

Sementara Rektor UISU Dr Yanhar Jamaluddin menyampaikan apresiasi atas perhatian dan kehadiran Gubernur pada acara wisuda tersebut. Di hadapan 706 wisudawan dari 35 program studi, dirinya menyebutkan bahwa universitas yang berdiri 70 tahun lalu ini, tetap berkomitmen mendukung peningkatan kualitas pendidikan, serta menciptakan peserta didik yang unggul, inovatif, mandiri dan berakhlak mulia berlandaskan Islam.

"Berusaha adalah kunci sukses untuk terus mengembangkan potensi diri, berinovasi dan tentunya diiringi dengan doa. Oleh karena itu kepada para wisudawan, teruslah berikhtiar dalam menghadapi tantangan global, terutama bidang teknologi dan informasi, agar peluang kerja yang diinginkan terpenuhi dan karir yang diimpikan dapat tercapai," jelas Yanhar.

Yanhar pun menyampaikan apresiasi kepada para orang tua yang memercayakan anaknya untuk dididik di UISU, hingga memeroleh gelar sesuai bidang yang ditekuni. Serta kepada wisudawan, dirinya berpesan untuk menjaga nama baik almamater, dengan memberikan manfaat untuk kemaslahatan umat.

Senada dengan itu, Ketum Pengurus Yayasan UISU Prof Ismet Danial Nasution menyampaikan terima kasih kepada semua pihak khususnya Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dibawah pimpinan Gubernur Edy Rahmayadi dan Wakil Gubernur Musa Rajekshah yang telah memberikan dukungan serta menjalin kebersamaan dengan UISU sejak awal memimpin.** (H13/DISKOMINFO SUMUT)

Berita Terkait

Indeks Berita

Polling

Apakah Dinas Komunikasi dan Informatika telah cukup memberikan informasi kepada publik
 Lumayan
 Kurang
 Sangat Bagus

Video

LIVE STREAM - PENYERAHAN DOKUMEN DIPA DAN TKDD TAHUN ANGGARAN 2023

Tag

Statistik

Hari Ini : 176
Kemarin : 472
Minggu ini : 2,784
Bulan ini : 204,864
Total : 9,178,564
Hits Count : 1,382
Now Online : 10 User