Gubernur Minta Koperasi Menyesuaikan Diri dengan Perkembangan Teknologi

11 November 2019 14:22:06 WIB
Gubernur Minta Koperasi Menyesuaikan Diri  dengan Perkembangan Teknologi

MEDAN

Di era Revolusi Industri 4.0 saat ini koperasi harus mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi informasi yang sangat cepat. Di bidang ritel misalnya, koperasi dan pelaku UMKM kita juga harus mampu memanfaatkan platform e-commerce atau mengembangkan platform marketplace untuk memperkuat penetrasi pasar.

Demikian juga dalam pengelolaan kegiatan usaha simpan pinjam koperasi, harus mampu menyesuaikan dan memanfaatkan teknologi informasi saat ini.

Hal ini disampaikan Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi melalui Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Provinsi Sumatera Utara (Provsu) H. M. Ayub, SE pada apel pagi di halaman Kantor Dinas Kominfo Provsu, Senin (11/11).

Edy Rahmayadi menyampaikan “Saat ini kita tengah berada pada era digitalisasi dan Artificial Intelligence (AI) mewarnai kebudayaan industri dan perilaku keseharian masyarakat” ujarnya.

Sejalan dengan itu, koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) saat ini harus menciptakan kesiapan dan bekal sumber daya yang handal untuk dapat berubah dalam menyikapi tantangan kekinian.

“Terkait pembangunan UMKM yang berdaya saing, telah dikembangkan program pemasyarakatan dan pelatih kewirausahaan, magang wirausaha, inkubator bisnis, UMKM online system serta peningkatan dukungan pembiayaan oleh pemerintah melalui Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi dan UMKM (LPDB-KUMKM) dan Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Disamping itu Pemerintah juga berupanya memberikan pendampingan melalui peningkatan mutu sumber daya manusia dengan pelatihan menajemen keuangan, peningkatan mutu produk dan akses pasar. Untuk pemberdayaan usaha mikro dan kecil khususnya telah diterbitkan peraturan Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) untuk meningkatkan legalitas usaha mikro dan kecil.

Khusus sumatera utara melalui Peraturan Bupati/Walikota tentang pendelegasian wewenang kepada camat untuk mengeluarkan IUMKM kepada pelaku usaha mikro dan kecil.

Diakhir arahannya Gubernur mengajak semua masyarakat untuk bersama-sama turut serta menjadi bagian dalam pengembangan dan pemberdayaan koperasi dan UMKM ditempat masing-masing.

Bergabunglah dengan koperasi yang ada di wilayah saudara dan menjadi motivator serta menjadi inspirasi bagi anggota lainnya. Karena tindakan-tindakan kecil jika dilakukan secara berulang-ulang dan konsisten akan menghasilkan perubahan besar.

Apel pagi ini diikuti Pejabat Struktural, Pejabat Pengawas, Staf dan Tenaga Pendukung Dinas Kominfo Provsu.

Berita Terkait

Indeks Berita

Polling

Apakah Dinas Komunikasi dan Informatika telah cukup memberikan informasi kepada publik
 Lumayan
 Kurang
 Sangat Bagus

Video

SAIL NIAS 2019 PROVINSI SUMATERA UTARA

Tag

Statistik

Hari Ini : 57
Kemarin : 188
Minggu ini : 1,023
Bulan ini : 139,733
Total : 4,361,236
Hits Count : 300
Now Online : 1 User