Gubsu : Cegah Stunting di 1000 Hari Pertama Kehidupan, Investasi Bersama untuk Masa Depan Anak Bangsa

05 Agustus 2019 14:27:52 WIB
Gubsu : Cegah Stunting di 1000 Hari Pertama Kehidupan, Investasi Bersama untuk Masa Depan Anak Bangsa

Pembangunan kesehatan merupakan salah satu bentuk pemenuhan hak dasar rakyat dalam rangka meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.

Tujuan pembangunan kesehatan bagi rakyat Sumatera Utara akan dapat terwujud apabila dilaksanakan secara efektif melalui kerjasama dan konvergensi yang bersinergi kuat dari semua unsur pelaku pembangunan yakni lintas Organisasi Perangkat Daerah di setiap Pemerintahan sampai tingkat terendah, pihak swasta, organisasi kemasyarakatan, tokoh agama, tokoh masyarakat serta seluruh lapisan masyarakat sesuai peran dan fungsinya untuk secara bersama mewujudkan hidup sehat pada diri, keluarga dan lingkungannya.

Hal ini disampaikan Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi melalui Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Provinsi Sumatera Utara (Provsu) H. M. Ayub, SE pada apel pagi di halaman Kantor Dinas Kominfo Provsu yang diikuti Pejabat Struktural, Pejabat Pengawas, Staf dan Tenaga Pendukung, Senin (05/08).

Edy Rahmayadi menyampaikan Pembangunan kesehatan diselenggarakan dengan konstruksi membangun upaya promotif dan preventif, tentunya dengan tidak mengesampingkan upaya kuratif dan rehabillitatif dalam rangka meningkatkan status kesehatan masyarakat. Hal ini dimaksudkan agar masyarakat dapat hidup normal dan produktif secara sosial dan ekonomi serta menurunkan beban pembiayaan kesehatan akibat penyebaran penyakit.

“Langkah dalam mewujudkan, mempercepat dan mensinergikan tindakan upaya-upaya promotif dan preventif hidup sehat melalui Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2017 telah menginstruksikan agar dilaksanakannya gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) yang dalam implementasinya menuntut kolaborasi antara Kementerian dan lembaga serta kepala daerah dan seluruh lapisan masyarakat tanpa kecuali,” ujar Edy Rahmayadi.

Edy Rahmayadi menambahkan “Germas sebagaimana dimaksud dalam Inpres tersebut meliputi pelaksanaan aktivitas fisik, peningkatan perilaku hidup sehat, penyediaan pangan sehat dan percepatan perbaikan gizi, peningkatan pencegahan dan deteksi dini penyakit, peningkatan kualitas lingkungan dan peningkatan edukasi hidup sehat”.

Disamping germas, saat ini Pemerintah juga sedang giat dalam upaya mencegah dan menangani balita stunting (pendek dan sangat pendek), menurunkan angka kematian ibu dan bayi baru lahir/neonates, meningkatkan cakupan dan mutu imunisasi, mengeliminasi tuberkulosis serta mencegah dan mengendalikan penyakit tidak menular.

Upaya mengatasi stunting merupakan upaya strategis dalam rangka membangun generasi masa depan yang cerdas, sehat produktif yang ditunjang dengan postur tubuh yang ideal dalam menyambut pasar kerja diera bonus demografi, menurunkan angka penyakit, meningkatkan umur harapan hidup serta tak kalah penting dalam meningkatkan nilai indeks kebahagiaan penduduk Sumatera Utara di masa yang akan datang.

Edy Rahmayadi mengajak seluruh Organisasi Perangkat Daerah kiranya bersinergi dan secara terpadu mengurangi atau menghilangkan penyebab stunting dengan cara memfasilitasi dan mendorong masyarakat terutama keluarga dengan 1000 Hari Pertama Kehidupan (1000HPK), agar dapat meningkatkan pemberian asupan gizi cukup dan seimbang, melaksanakan pola asuh yang tepat pada ibu hamil dan balita, memberikan pelayanan kesehatan berkualitas, memastikan agar setiap keluarga telah mengakses kebutuhan air minum sehat serta senantiasa menjaga kebersihan diri dan lingkungan. “Semua Organisasi Perangkat Daerah di jajaran Pemrintah Provinsi Sumatera Utara agar berperan aktif dalam membantu mengatasi permasalahan stunting melalui berbagai program/kegiatan di institusi masing-masing sesuai dengan tugas pokok dan fungsi”. (IP)

Berita Terkait

Indeks Berita

Polling

Apakah Dinas Komunikasi dan Informatika telah cukup memberikan informasi kepada publik
 Lumayan
 Kurang
 Sangat Bagus

Video

UPDATE TERKINI PERKEMBANGAN COVID-19 DI SUMATERA UTARA - JUMAT, 03 JULI 2020

Tag

Statistik

Hari Ini : 54
Kemarin : 234
Minggu ini : 2,105
Bulan ini : 76,056
Total : 4,976,331
Hits Count : 782
Now Online : 7 User