Pemprovsu Tingkatkan Tenaga Penyuluh Pertanian

28 November 2018 10:51:13 WIB
Pemprovsu Tingkatkan Tenaga Penyuluh Pertanian

Medan,

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Sumatera Utara (Provsu) menyambut Hari Anak Sedunia dengan menyelenggarakan Dialog Interaktif dengan mengangkat Tema “Berani berinovasi dalam menciptakan dan mengembangkan Teknologi Pertanian” bertempat di Radio Republik Indonesia (RRI) Medan, Senin (26/11).

Kepala Bidang Penyuluhan Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Sumatera Utara Ir. Erpison Moeis, MM selaku narasumber mengatakan Pertanian di Sumatera Utara khususnya dan Indonesia umumnya menjadi fokus pembangunan secara Nasional. Sesuai dengan Visi Misi Gubsu Masyarakat Sumut Maju, Aman, Sejahtera dan bermartabat, salah satunya adalah Mewujudkan masyarakat Sumatera Utara yang bermartabat dalam kehidupan karena memiliki iman dan taqwa, tersedianya sandang pangan yang cukup, rumah yang layak, pendidikan yang baik, kesehatan yang prima, mata pencarian yang menyenangkan, serta harga-harga yang terjangkau.

Undang-undang No.7 Tahun 1996 tentang Pangan, mengartikan ketahanan pangan sebagai kondisi terpenuhinya pangan bagi setiap rumah tangga, yang tercermin dari tersedianya pangan yang cukup, baik jumlah maupun mutunya, aman, merata, dan terjangkau.

Saat ini, Pemerintah Sumatera Utara telah melakukan langkah strategis yaitu dengan meningkatan jumlah tenaga penyuluh pertanian yang masih sangat minim.  

“Idealnya satu Desa/Kelurahan ada satu penyuluh. Namun yang terjadi saat ini para penyuluh ada yang satu orang di dua Desa.” Ujar Erpison

Untuk itu, perlu adanya terobosan dalam mengoptimalkan penyuluh, kita tumbuh kembangkan yang namanya penyuluh swadaya, penyuluh swadaya ini merupakan petani yang berhasil dan mau menjadi penyuluh, dan ini yang nantinya akan kita tumbuhkan terus-menerus sehingga kekurangan penyuluh ini terbantu dengan adanya penyuluh swadaya.(LIP)

Berita Terkait

Indeks Berita

Polling

Apakah Dinas Komunikasi dan Informatika telah cukup memberikan informasi kepada publik
 Lumayan
 Kurang
 Sangat Bagus

Video

RAPAT TPID PROVSU

Tag

Statistik

Hari Ini : 181
Kemarin : 339
Minggu ini : 1,129
Bulan ini : 5,058
Total : 3,530,288
Hits Count : 478
Now Online : 4 User