Visi, Misi Dan Tujuan

15:30:11 WIB

VISI DAN MISI

 VISI

Visi Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Utara tidak terlepas dari visi Pemerintah Provinsi Sumatera Utara yaitu ”Menjadi Provinsi yang Berdaya Saing Menuju Sumatera Utara Sejahtera”.

Penetapan visi Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Utara disamping harus berpegang kepada peraturaan perundang-undangan yang berlaku, juga pada tugas pokok Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Utara sebagaimana tercantum dalam Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2009 dan Peraturan Gubernur Nomor 44 Tahun 2011 tentang tugas, fungsi dan uraian Tugas Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Utara.

Dalam kurun waktu 2014 – 2018 Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Utara harus mampu mendukung pelaksanaan percepatan pembangunan Provinsi Sumatera Utara sebagaimana yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2014-2018 khususnya dalam bidang komunikasi dan informatika untuk mewujudkan pemerintahan yang baik melalui upaya menjadikan masyarakat informasi yang berdaya saing. Salah satu ciri masyarakat berdaya saing adalah semakin tingginya kebutuhan terhadap informasi dalam berbagai bidang. Selanjutnya mampu bersaing dalam memanfaatkan informasi guna meningkatkan perubahan sosial dan pembangunan ekonomi.

Untuk itu, Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Utara menetapkan visi, yaitu :

 

TERWUJUDNYA MASYARAKAT INFORMASI YANG BERDAYA SAING DALAM PEMANFAATAN DAN PENGEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI ”

 Penjelasan makna atas pernyataan visi dimaksud adalah :

  1. Terwujudnya, bermakna upaya menjadikan pembangunan ke arah yang lebih baik;
  2. Masyarakat informasi, bermakna masyarakat yang menjadikan teknologi informasi sebagai “kekuatan” dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat Sumatera Utara;
  3. Berdaya saing, bermakna suatu kondisi pemerintahan dan masyarakat memiliki kemampuan, ketangguhan serta keunggulan dalam memanfaatkan dan mengembangkan teknologi informasi untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat;
  4. Pemanfaatan, bermakna suatu proses memanfaatkan teknologi informasi dalam mewujudkan akselarasi pembangunan Sumatera Utara;
  5. Pengembangan, bermakna proses, cara, perbuatan mengembangkan teknologi informasi secara bertahap dan teratur ke arah pembangunan yang dikehendaki;
  6. Teknologi informasi (Information technology), bermakna seperangkat alat (teknologi) yang dimanfaatkan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi dalam rangka peningkatan efisiensi, efektivitas dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan daerah.

 

 MISI

Untuk pencapaian Visi Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Utara, sampai dengan tahun 2018 yang akan datang, telah menetapkan misi :

  1. Meningkatkan fasilitas dan kapasitas administrasi, program dan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) bidang komunikasi dan informatika untuk meningkatkan literasi dan profesionalisme.
  2. Meningkatkan kerjasama dan kemitraan antara pemerintah, lembaga media massa, stakeholder bidang komunikasi dan informatika serta masyarakat dalam memperlancar arus informasi yang cepat, tepat dan akuntabel.
  3. Membangun dan meningkatkan kualitas infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk menunjang pelayanan informasi multimedia yang terprogram, mudah dan akuntabel dalam mewujudkan kepemerintahan yang baik dan bersih (good governance and clean governance).
  4. Memanfaatkan dan mengembangkan sarana desiminasi informasi dalam upaya pemerataan akses informasi guna mewujudkan informasi yang transparan dan akuntabel.
  5. Membina dan mengoptimalisasikan kerjasama dengan mitra kerja pos dan telekomunikasi dalam meningkatkan pelayanan jaringan pos dan telekomunikasi yang mudah dan murah.

 TUJUAN

Tujuan adalah pernyataan-pernyataan tentang hal-hal yang perlu dilakukan untuk mencapai visi, melaksanakan misi, memecahkan permasalahan, dan menangani isu strategis daerah yang dihadapi. Untuk itu, tujuan Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Utara adalah :

  1. Mewujudkan pelayanan administrasi perkantoran, program dan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) untuk meningkatkan literasi dan profesionalisme, agar rakyat memiliki tempat bertanya.
  2. Meningkatkan kerjasama dan kemitraan serta pemberdayaan lembaga komunikasi dan informatika Pemerintah dan masyarakat, lembaga media massa, dokumentasi dan monitoring pendapat umum, agar rakyat memiliki tempat menyampaikan pendapat.
  3. Meningkatkan pelayanan informasi multimedia kepada publik, yang terprogram, akuntabel dan didukung pemberdayaan telematika, agar rakyat tidak buta informasi.
  4. Meningkatkan kualitas pemerataan akses informasi dan pemanfaatan jaringan media informasi dan komunikasi tradisional, cetak dan modern, agar rakyat tidak bertanya sendiri dan menjawab sendiri.
  5. Adanya pembinaan, pengawasan dan pengendalian terhadap mitra kerja pos dan telekomunikasi dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan jaringan pos dan telekomunikasi.

*)Renstra Dinas Komunikasi dan Informatika Provsu (Tahun 2013-2018)

 

 


Indeks Berita

Polling

Apakah Dinas Komunikasi dan Informatika telah cukup memberikan informasi kepada publik
 Lumayan
 Kurang
 Sangat Bagus

Video

Kadis Kominfo Provsu Buka Workshop Desain Grafis/Perwajahan

Tag

Statistik

Hari Ini : 94
Kemarin : 118
Minggu ini : 1,113
Bulan ini : 49,031
Total : 2,310,815
Hits Count : 2,637
Now Online : 2 User