Tugas Pokok Dan Fungsi

15:26:37 WIB

TUGAS

Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Utara mempunyai tugas melaksanakan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah di bidang Komunikasi dan Informatika.

FUNGSI

Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Utara menyelenggarakan fungsi :

  1. Penyelenggaraan perumusan kebijakan informasi dan komunikasi publik, aplikasi informatika, statistika sektoral, persandian untuk pengamanan informasi sesuai dengan lingkup tugasnya;
  2. Penyelenggaraan pelaksanaan kebijakan informasi dan komunikasi publik, aplikasi informatika, statistika sektoral, persandian untuk pengamanan informasi sesuai dengan lingkup tugasnya;
  3. Penyelenggaraan pelaksanaan evaluasi informasi dan komunikasi publik, aplikasi informatika, statistika sektoral, persandian untuk pengamanan informasi sesuai dengan lingkup tugasnya;
  4. Penyelenggaraan pelaksanaan administrasi informasi dan komunikasi publik, aplikasi informatika, statistika sektoral, persandian  untuk pengamanan informasi sesuai dengan lingkup tugasnya; dan
  5. Penyelenggaraan pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Gubernur terkait dengan tugas dan fungsinya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika mempunyai uraian tugas :

  1. Menyelenggarakan pembinaan, sinkronisasi, mengendalikan tugas dan fungsi Dinas;
  2. Menyelenggarakan penetapan program Sub Bagian Umum dan Kepegawaian, program Sub Bagian Keuangan, program kerja Sub Bagian Akuntabilitas dan Informasi Publik dan rencana kegiatan dinas, sesuai dengan arahan pembangunan nasional dan pembangunan daerah;
  3. Menyelenggarakan penetapan pengkajian dan menetapkan pemberian dukungan dengan kebijakan umum dan kebijakan Pemerintah Daerah
  4. Menyelenggarakan pengkajian dan menetapkan pemberian dukungan tugas atas penyelenggaraan Pemerintah Daerah di bidang komunikasi dan informatika;
  5. Menyelenggarakan fasilitasi yang berkaitan dengan penyelenggaraan program Pengelolaan Informasi Publik, Pengelolaan Komunikasi Publik, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Layanan e-Government, Layanan Pengadaan Secara Elektronik, Penyiaran Daerah dan Keterbukaan Informasi Publik;
  6. Menyelenggarakan pemberian saran pertimbangan dan rekomendasi mengenai komunikasi dan informasi sebagai bahan penetapan kebijakan umum pemerintah daerah;
  7. Menyelenggarakan telaahan staf sebagai bahan pertimbangan pengambilan kebijakan;
  8. Menyelenggarakan koordinasi dan kerjasama dengan instansi/lembaga terkait lainnya untuk kelancaran pelaksanaan kegiatan dinas;

Untuk melaksanakan tugas, fungsi dan uraian tugas di atas, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika dibantu oleh :

  1. Sekretariat;
  2. Bidang Pengelolaan Informasi Publik;
  3. Bidang Pengelola Komunikasi Publik;
  4. Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi;
  5. Bidang Layanan e-Government;
  6. UPT Layanan Pengadaan Secara Elektronik Dinas Komunikasi dan Informatika
  7. UPT Penyiaran Daerah;
  8. UPT Keterbukaan Informasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatika;
  9. Kelompok Jabatan Fungsional

*)Peraturan Gubernur Sumatera Utara Nomor 32 Tahun 2017 Tentang Tugas, Fungsi, Uraian Tugas dan Tata Kerja Dinas  Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Utara, Pasal 2;


Indeks Berita

Polling

Apakah Dinas Komunikasi dan Informatika telah cukup memberikan informasi kepada publik
 Lumayan
 Kurang
 Sangat Bagus

Video

Kadis Kominfo Provsu Buka Workshop Desain Grafis/Perwajahan

Tag

Statistik

Hari Ini : 115
Kemarin : 111
Minggu ini : 1,016
Bulan ini : 48,934
Total : 2,307,992
Hits Count : 3,055
Now Online : 6 User