Diskominfo Provsu Laksanakan Pertemuan Kominfo Se Sumatera Utara

07 Mei 2018 19:34:29 WIB
Diskominfo Provsu Laksanakan Pertemuan Kominfo Se Sumatera Utara

Medan,

Bahas kerjasama dan sinergi bagi aparat pemerintah dalam upaya membangun implementasi E-Government guna mendukung satu data statistik sektoral Provinsi Sumatera Utara menjadi fokus Pertemuan Kominfo Se Sumatera Utara di Kota Medan.  Pertemuan Kominfo Se Sumatera Utara digelar di Hotel Madani, Medan, Senin  (07/05) dihadiri oleh Dinas Kominfo se Sumut.

Dinas Kominfo Sumut terus bersinergi dengan seluruh kabupaten dan kota se-Provinsi  Sumut  dalam menguatkan peran dan fungsi Kominfo agar mampu melayani kebutuhan informasi publik secara optimal. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Utara (Kadis Kominfo Provsu) Drs. H. MHD. Fitriyus, SH, MSP  mengemukakan hal itu pada Pertemuan Kominfo se-Sumatera Utara di Hotel Madani, Medan.  

Sesuai tema kegiatan ini yakni “Sinergitas Kominfo Kabupaten/Kota Se Sumatera Utara”, Fitriyus memaparkan sinergitas ini sangat relevan bila dikaitkan dengan kondisi nyata dan tantangan dalam menyikapi maupun menghadapi era perubahan dan kemajuan yang terjadi dewasa ini, dan yang akan terus menerus terjadi di masa-masa mendatang yang menuntut peningkatan kualitas pelayanan publik.

Selanjutnya disampaikan bahwa ada isu strategis yang dapat dijadikan pijakan kominfo Provinsi maupun Kab/Kota agar merubah pola pikir dan pola tindak dalam konteks layanan informasi publik. “Salah satu isunya Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) menimbulkan dampak kehidupan masyarakat, menjadi bagian dari budaya manusia. Penerapan TIK telah merubah cara kerja, cara komunikasi. Prestasi yang telah dicapai pemerintah Provsu khususnya dalam mewujudkan E-Government dengan melaunching Sumut Smart Province.” Ujarnya.

Selaku Narasumber, Wakil Dekan III Fakultas MIPA Universitas Sumatera Utara Saharman Gea, PhD menyampaikan Pengembangan E-Government merupakan upaya untuk mengembangkan penyelenggaraan manajemen Pemerintah yang berbasis elektronik dalam rangka meningkatkan kualitas layanan publik secara efektif dan efisien.

Narasumber kedua Kepala Bidang Layanan E-Government Dra. Eli Suhaeriyah, M.Si menambahkan Sumut Smart Province adalah sebuah penerapan konsep Provinsi pintar yang mengoptimalkan pemanfaatan TIK untuk mengetahui, memahami dan mengendalikan sumber daya Provinsi dengan lebih efektif dan efesien demi memaksimalkan layanan publik dan mendorong mewujudkan pemerintahan yang baik.  Seperti Layanan E-Sumut, E-Keuangan, Report E-Sumut, Realisasi Penyerapan Belanja Daerah Per SKPD, Manajemen Barang Daerah, Manajemen Barang Pakai Habis, Realisasi Penerimaan Daerah Per SKPD, Realisasi Penerimaan Daerah Per Objek Pajak, Struktur Anggaran, Database Kondisi Jalan, LPSE Provinsi Sumatera Utara, Sistem Informasi Rencana Umum dan Pengadaan.

Diakhir acara Kadis Kominfo Provsu menambahkan perlunya menyiapkan Peraturan Gubernur, Peraturan Daerah terkait E-Government Provinsi, dan Kab/Kota, kemudian meminta kepada Dinas kominfo Kab/Kota menyakinkan Kepala daerah masing-masing  untuk lebih memperhatikan Diskominfo Kab/Kota, serta mengintegrasikan data-data terkait E-Government. (LIP)

 

Berita Terkait


Indeks Berita

Polling

Apakah Dinas Komunikasi dan Informatika telah cukup memberikan informasi kepada publik
 Lumayan
 Kurang
 Sangat Bagus

Video

Latihan Paskibaraka dalam rangka HUT RI ke 73 tahun 2018

Tag

Statistik

Hari Ini : 90
Kemarin : 337
Minggu ini : 806
Bulan ini : 62,902
Total : 3,091,884
Hits Count : 391
Now Online : 8 User