Gubernur Edy Tinjau RSUD Salak dan Serahkan Bantuan APD

22 April 2020 09:43:12 WIB
Gubernur Edy Tinjau RSUD Salak dan Serahkan Bantuan APD

PAKPAK BHARAT

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi terus melakukan peninjauan ke sejumlah daerah kabupaten/kota untuk memastikan penanganan Covid-19 berjalan dengan baik, terutama penanganan medis. Untuk itu, Selasa (21/4), Gubernur dan rombongan meninjau Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Salak, Kabupaten Pakpak Bharat.

Kedatangan Gubernur yang didampingi Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Sumut Alwi Mujahit Hasibuan dan Restuti Hidayani Saragih menggunakan helikopter Basarnas disambut Pj Bupati Pakpak Bharat Asren Nasution, bersama Ketua DPRD Sonni P Berutu, Kapolres AKBP Alamsyah P Hasibuan dan perwakilan Forkopimda lainnya di Lapangan Napasengkut Salak.

Edy Rahmayadi yang juga Ketua GTPP Covid-19 Sumut bersama rombongan langsung menuju RSUD Salak. Dalam peninjauan berbagai fasilitas yang dimiliki RSUD tersebut, Edy menanyakan berbagai langkah dan kesiapan pihak rumah sakit dalam penanganan pasien Covid-19 kepada Direktur RSUD Elysa Barus didampingi Kepala Dinas Kesehatan Tomas serta jajaran rumah sakit.

Meski RSUD Salak bukan rumah sakit rujukan Covid-19, Edy Rahmayadi ingin penanganan pasien Covid-19 berjalan dengan baik dan sesuai prosedur penanganan Covid-19. Untuk itu, Edy meminta agar dilakukan simulasi oleh pihak RSUD seandainya ada pasien yang datang dan terindikasi Covid-19. Alat pelindung diri (APD), tenaga medis, ruang istirahat dan tempat ganti pakaian petugas kesehatan serta fasilitas untuk pasien Covid-19 menenangkan diri agar tidak stress, juga menjadi perhatian Gubernur.

Gubernur menyatakan bahwa sikapnya yang terkesan agar rewel ini hanya semata-mata agar semua pihak semakin cermat dan antisipatif dengan lebih teliti, sehingga secara komprehensif dapat terhindar dari Covid-19 yang telah banyak memakan korban ini. “Sayangi masyarakat dan jangan ada penolakan dari rumah sakit jika ada masyarakat yang terindikasi Covid-19,” tegasnya.

Pada kesempatan itu, Gubernur juga menyerahkan bantuan APD untuk RSUD Salak. Bantuan ini diharapkan dapat digunakan dengan sebaik-baiknya untuk penanganan Covid-19, sehingga dapat mempercepat penanganan pasien dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di daerah ini.

Pj Bupati Asren Nasution menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran Gubernur Edy Rahmayadi di Pakpak Bharat. Dikatakannya, berbagai saran dari Gubernur akan segera dilaksanakan oleh masyarakat dalam upaya percepatan penanganan dan pencegahan Covid-19, antara lain dengan tetap di rumah saja, sesering mungkin mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menghindari kerumuman dan terus menggunakan masker jika terpaksa keluar rumah.

“Kepatuhan dan kebersamaan kita semoga dapat menghilangkan virus yang membahayakan ini dari muka bumi,” ujar Asren.

Sumber : Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu

Berita Terkait

Indeks Berita

Polling

Apakah Dinas Komunikasi dan Informatika telah cukup memberikan informasi kepada publik
 Lumayan
 Kurang
 Sangat Bagus

Video

Fasilitas Cuci Tangan dari USAID untuk Masyarakat Medan

Tag

Statistik

Hari Ini : 208
Kemarin : 500
Minggu ini : 1,687
Bulan ini : 91,575
Total : 5,108,305
Hits Count : 1,171
Now Online : 93 User