Seluruh OPD Diminta Proaktif Sukseskan Sensus Penduduk 2020

11 Maret 2020 13:14:12 WIB
Seluruh OPD Diminta Proaktif Sukseskan Sensus Penduduk 2020

MEDAN

Seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) diminta proaktif terlibat untuk menyukseskan pelaksanaan Sensus Penduduk (SP) Tahun 2020 yang dilaksanakan secara online.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumatera Utara (Sumut) Sabrina saat memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Provinsi Sumut dalam rangka Sensus Penduduk 2020 di Hotel Adimulia Medan Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 8, Selasa (10/3).

Sabrina menekankan, agar seluruh pimpinan OPD menggerakkan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berada di ruang lingkupnya untuk segera mengisi data sensus secara online. "Seperti yang sudah kita ketahui, saat ini baru sebagian OPD sudah melakukan pengisian data di kantornya masing-masing, dimana harapannya setiap pegawai nanti bisa membantu mendata keluarganya juga sebelum masa berlakunya berakhir," ujar Sabrina.

Diketahui, Sensus Penduduk 2020 akan dilaksanakan dalam dua periode. Periode pertama adalah sensus penduduk online, yaitu seluruh penduduk Indonesia dapat secara aktif mengisikan data kependudukanya secara mandiri melalui laman sensus.bps.go.id pada 15 Februari sampai 31 Maret 2020. Periode kedua yaitu kegiatan verifikasi dan pencacahan lapangan yang akan dilaksanakan 1 sampai 31 Juli 2020.

Sabrina juga mengingatkan kepada seluruh masyarakat untuk mengisi data dengan benar, sehingga data yang dihasilkan lebih berkualitas. "Kegiatan sensus penduduk 2020 ini sangat penting, nantinya hasil sensus penduduk ini akan dijadikan dasar perumusan kebijakan pemerintah untuk perencanaan pembangunan," terangnya.

Kepala BPS Sumut Syech Suhaimi menuturkan bahwa saat ini yang sudah mengisi data ada sekitar 652 ribu jiwa (175 ribu KK) atau sekitar 19,21% dari jumlah penduduk di Sumut. Dan dari 175 rumah tangga yang mengisi SP Online, ada sekitar 145 rumah tangga mengisi dengan benar, terang Syech.

Syech Suhaimi mengharapkan agar nanti hasil output SP2020 dapat menghasilkan data yang berkualitas. "Data yang mudah dan bisa diperbandingkan, baik antar sumber dan waktu. Data yang berkualitas adalah yang saling melengkapi. Data yang mudah dan tidak membingungkan masyarakat itu lah data yang berkualitas. Itu lah tugas kita saat ini,"harapnya.

Turut hadir pada rakor tersebut Kepala Dinas Dukcapil Sumut Ismael Sinaga dan perwakilan dari Forkopimda Sumut.

Sumber : Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu

Berita Terkait

Indeks Berita

Polling

Apakah Dinas Komunikasi dan Informatika telah cukup memberikan informasi kepada publik
 Lumayan
 Kurang
 Sangat Bagus

Video

Fasilitas Cuci Tangan dari USAID untuk Masyarakat Medan

Tag

Statistik

Hari Ini : 33
Kemarin : 500
Minggu ini : 1,512
Bulan ini : 91,400
Total : 5,107,313
Hits Count : 179
Now Online : 7 User