Pastikan Keamanan Malam Tahun Baru Imlek, Gubernur, Pangdam dan Kapolda Sumut Tinjau sejumlah Vihara

25 Januari 2020 14:15:25 WIB
Pastikan Keamanan Malam Tahun Baru Imlek, Gubernur, Pangdam dan Kapolda Sumut Tinjau sejumlah Vihara

MEDAN

Untuk memastikan keamanan malam Tahun Baru Imlek 2571 di Sumatera Utara (Sumut), Gubernur Edy Rahmayadi, Kapolda Irjen Martuani Sormin Siregar dan Pangdam I/BB Mayjen TNI MS Fadhilah meninjau sejumlah vihara di Kota Medan, Jumat (24/1) malam. Turut serta Kabinda Sumut Brigjen TNI Ruruh A Setyawibawa dan Plt Walikota Medan Akhyar Nasution.

Ada tiga vihara yang dikunjungi Gubernur dan rombongan, yakni Vihara Borobudur, Jalan Imam Bonjol, Vihara Setia Budi, Jalan Irian Barat dan Maha Vihara Maitreya di Komplek Cemara Asri. Peninjauan dilakukan untuk melihat kesiapan dan keamanan menjelang perayaan Imlek 2571, agar masyarakat Tionghoa yang merayakan Imlek dapat merasa aman dan nyaman.

Vihara yang pertama kali dikunjungi Gubernur dan rombongan adalah Vihara Borobudur Medan. Mereka disambut Ketua Yayasan Vihara Borobudur Medan Lindawaty Roesli. Gubernur dan rombongan berkeliling vihara, melihat suasana ibadah dan menyapa masyarakat yang hadir.

"Kami tidak mengganggu ibadah kalian kan? Selamat Tahun Baru Imlek, doa kan agar tahun depan lebih baik. Doakan juga agar Sumut menjadi lebih baik, makmur dan bermartabat," ucap Gubernur Edy ke beberapa warga yang sedang beribadah.

Selanjutnya, rombongan menuju Vihara Setia Budi di Jalan Irian Barat. Kedatangan Gubernur mendapat sambutan hangat dari para Bhiksu dan warga yang hadir. Gubernur menyapa dan menyalami masyarakat yang hadir. Tidak sedikit warga yang ingin berfoto bersama dengan Gubernur. Didampingi Ketua DPD Walubi Sumut Indra Wahidin beserta sejumlah Bhiksu, rombongan pun diajak berkeliling melihat prosesi ibadah yang sudah dilakukan sejak pagi hari.

Terakhir, rombongan menuju Maha Vihara Maitreya di Komplek Cemara Asri. Vihara ini merupakan yang paling ramai dikunjungi masyarakat yang hendak beribadah. Peninjauan pun berakhir sekitar pukul 23.00 WIB.

Dari hasil peninjauan yang dilakukan di semua vihara, Gubernur Edy pun memastikan perayaan malam Tahun Baru Imlek tahun ini berjalan dengan aman dan lancar. "Aman. Semua aman dan berjalan lancar," ungkap Edy Rahmayadi.

Kapolda Sumut Irjen Martuani Sormin menyampaikan harapannya agar di seluruh pelosok kawasan Sumut perayaan imlek aman. "Harapan kita agar seluruh kegiatan pada perayaan Tahun Baru Imlek di seluruh kawasan Sumut berlangsung aman, tertib dan nyaman sebagai contoh kerukunan umat beragama. Karena Sumut ini adalah miniaturnya Indonesia, dengan masyarakatnya yang khas dan beragam. Mari kita sama-sama menjaga toleransi antar umat beragama," ujarnya.

Turut hadir dalam peninjuan tersebut Wakapolda Sumut Brigjen Mardiaz Kusin Dwihananto, Asisten Administrasi Umum dan Aset Setdaprovsu M Fitriyus, Kepala Satpol PP Provinsi Sumut Suriadi Bahar, Kepala Dishub Sumut Haris Lubis, Kepala Biro Umum Achmad Fadly dan para tokoh lintas agama.

Sumber : Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu

Berita Terkait

Indeks Berita

Polling

Apakah Dinas Komunikasi dan Informatika telah cukup memberikan informasi kepada publik
 Lumayan
 Kurang
 Sangat Bagus

Video

Fasilitas Cuci Tangan dari USAID untuk Masyarakat Medan

Tag

Statistik

Hari Ini : 35
Kemarin : 500
Minggu ini : 1,514
Bulan ini : 91,402
Total : 5,107,382
Hits Count : 248
Now Online : 9 User