Bernostalgia di UISU, Edy Rahmayadi Ajak Alumni Membangun dan Membesarkan Kampus

08 Januari 2020 10:06:04 WIB
Bernostalgia di UISU, Edy Rahmayadi Ajak Alumni Membangun dan Membesarkan Kampus

MEDAN

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi bernostalgia, mengenang masa-masa berkuliah di Universitas Islam Sumatera Utara (UISU), sebelum mengikuti pendidikan di Akmil Magelang. Kuliah di jurusan hukum, Edy Rahmayadi bertemu dengan pendamping hidupnya Nawal Edy Rahmayadi, yang juga kuliah di kampus yang sama.

Cerita ini dikisahkan Edy saat menghadiri Sidang Senat Terbuka Milad UISU ke-68 Tahun, di Auditorium UISU, Jalan Sisingamangaraja Nomor 16 Medan, Selasa (7/1), yang mengusung tema “68 Tahun UISU Membangun Negeri”.

“Banyak kenangan saya di UISU ini. Jadi, saya sangat cinta dan peduli dengan UISU ini. Sudah berdiri 68 tahun, alumninya sudah bertebaran dan jadi orang hebat. Saya berharap, para alumni ini akan terus mendukung, membangun, dan membesarkan kampus kita ini,” katanya.

Apalagi, UISU merupakan kampus yang berpondasikan ajaran Islam. Wadah untuk menempa generasi muda muslim Sumut menjadi cendekiawan yang tidak hanya memiliki kecerdasan intelektual, tetapi juga kecerdasan spiritual. “Milad ini bukan sekadar seremoni, tapi juga evaluasi. Ini semua untuk anak-anak kita menambah ilmu,” tutur Edy.

Mengakhiri sambutannya, Edy pun mengucapkan selamat untuk UISU yang telah memasuki usia baru. Katanya, semoga UISU semakin jaya dan melahirkan lebih banyak lagi intelektual-intelektual muslim yang unggul dan berakhlak mulia.

Wakil Gubernur (Wagub) Musa Rajekshah juga menyampaikan ucapan selamat. Selaku Ketua IKA UISU, Wagub menyampaikan bahwa para alumni memiliki peran penting untuk membesarkan UISU. “68 tahun UISU ini telah mendidik dan mencetak generasi Sumut yang cakap. Mari terus kita dukung dan besarkan, sehingga lebih banyak lagi generasi muda Sumut yang memperoleh manfaat dari kampus ini dan pada akhirnya menjadi generasi yang turut memberi kontribusi pembangunan Sumut,” ujarnya.

Sebelumnya, Rektor UISU Dr H Yanhar Jamaluddin mengatakan bahwa makna dari Milad hari ini adalah kembali mengenang dan bermuhasabah atau melakukan introspeksi terhadap kekurangan dan keberhasilan yang telah dicapai.

“Saat ini kekurangan mendasar yang kami sadari adalah masih kurangnya SDM dosen yang berpredikat doktor, ketersediaan infrastruktur khususnya laboratorium, dan ketersediaan lahan yang menyebabkan lokasi kampus harus terpencar-pencar,” papar Yanhar.

Beberapa keterbatasan ini diakui Yanhar menjadi tantangan yang akan segera dibenahi. Untuk itu, dirinya meminta dukungan dan bantuan berbagai pihak terhadap UISU. Untuk keberhasilan yang dicapai, saat ini UISU berada pada peringkat Madya untuk bidang penelitian. Kemudian, keberhasilan para mahasiswa dan penemuan-penemuan para dosen UISU yang memperoleh paten dan perhatian pemerintah pusat.

“Keberhasilan UISU tentu atas dukungan berbagai pihak. Salah satunya, alumni khususnya Ketua IKA yakni Wagub Musa Rajekshah yang menggerakkan para alumni. Semoga alumni terus mendukung UISU. Begitu pula dukungan dan kepedulian Gubernur, kami ucapkan terima kasih,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, dilakukan pula penyerahan UISU Award kepada tokoh masyarakat berpengaruh di Sumut. Penghargaan diserahkan Rektor Yanhar Jamaluddin didampingi Gubernur Edy Rahmayadi kepada H Anif yakni tokoh masyarakat bidang pendidikan yang diwakili Wagub Musa Rajekshah, H Prabudi Said tokoh masyarakat bidang pers/jurnalistik, Dr Rizal Agus tokoh masyarakat bidang ekonomi dan kewirausahaan, serta Tengku Hj Mira Sinar tokoh masyarakat bidang sejarah dan kebudayaan.

Selanjutnya, dilakukan pembagian buku publikasi artikel dan penelitian dosen UISU, penyerahan cendera mata kepada Gubernur Edy Rahmayadi, dan orasi ilmiah oleh Dr Sofyan SE MSi, dan foto bersama.

Turut Hadir Ketua TP PKK Nawal Edy Rahmayadi, Plt Walikota Medan Akhyar Nasution, Plt Ketua TP PKK Medan Nurul Khairani Akhyar Nasution, mewakili unsur Forkopimda Sumut dan Medan, Ketua Pembina Yasasan UISU T Hamdy Osman Delikhan al Hajj dan anggota, Ketua Umum Yayasan UISU Prof Ismet Danial Nasution dan pengurus, Ketua Pengawas Yayasan UISU Sofyan SH, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah I Sumut Prof Dian Armanto, Koordinator Kopertis Wilayah IX Dr Ansari, Senat, Dosen, alumni UISU, dan seluruh civitas akademik UISU.

Sumber : Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu

Berita Terkait

Indeks Berita

Polling

Apakah Dinas Komunikasi dan Informatika telah cukup memberikan informasi kepada publik
 Lumayan
 Kurang
 Sangat Bagus

Video

Fasilitas Cuci Tangan dari USAID untuk Masyarakat Medan

Tag

Statistik

Hari Ini : 28
Kemarin : 500
Minggu ini : 1,507
Bulan ini : 91,395
Total : 5,107,261
Hits Count : 127
Now Online : 8 User