Pemprovsu Selenggarakan Rapat Lanjutan Rencana Aksi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik

17 Januari 2019 00:15:20 WIB
Pemprovsu Selenggarakan Rapat Lanjutan Rencana Aksi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik

Medan,

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Sumatera Utara (Provsu) menyelenggarakan Rapat Lanjutan Rencana Aksi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, di Ruang Ferdinand Lumban Tobing Lantai 8 Kantor Gubernur Sumatera Utara Jalan Diponegoro No 30 Medan, Rabu (16/01).

“Kita harus kerja keras untuk mewujudkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik ini dalam rangka akselerasi peningkatan kepada masyarakat yaitu peningkatan pelayanan publik. Sesuai dengan harapan Gubernur dan Wakil Gubernur integrasi sistem ini sudah berfungsi pada bulan Maret 2019,” hal ini disampaikan Asisten Pemerintah Drs. Jumsadi Damanik, SH, M.Hum saat membuka rapat.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Utara Drs. H. Mhd. Fitriyus, SH, MSP menjelaskan secara teknis perwujudan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik yang dimaksud dalam rapat.

“Salah satu dasar penerapan sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik agar terwujudnya pemerintahan  tata kelola pemerintahan yang baik, adil, terpercaya dan transparan ialah visi dan misi Gubernur dan Wakil Gubernur terutama nomor 2 dan regulasi Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2018 tentang Pedoman Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik” tutur Fitriyus.

Fitriyus mengatakan sesuai dengan lima prioritas pembangunan Sumatera Utara maka untuk Peningkatan kesempatan kerja dan berusaha melalui penyediaan lapangan pekerjaan adalah bagian Dinas Tenaga Kerja sedangkan Peningkatan dan pemenuhan akses pendidikan adalah Dinas Pendidikan kemudian Pembangunan infrastruktur yang baik dan berwawasan lingkungan ialah Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi, Dinas Perumahaan dan Kawasan Permukiman dan Dinas SDA, Cipta Karya dan Tata Ruang. Selanjutnya untuk Penyediaan layanan kesehatan yang berkualitas ialah Dinas Kesehatan, RS Umum Haji Medan, RS Jiwa Prof. Dr. Muhammad Ildrem dan yang terakhir ialah Peningkatan daya saing melalui sektor agraris dan pariwisata menjadi bagian Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Perkebunan dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata.

Sebelum rapat ditutup, Fitriyus menambahkan bahwa hasil Rapat Lanjutan Rencana Aksi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik. Nantinya akan keluar Surat Keputusan Gubernur mengenai percepatan pelaksanaan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik tahap pertama kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan regulasi aplikasinya, diharapakan kepada Kepala Dinas dan Badan mengarahkan staf Information and Technology (IT) agar berkordinasi dengan staf IT Kominfo Provsu tentang aplikasi kemudian beliau juga meminta agar data maupun informasi yang ada dalam setipa OPD diberikan kepada Kominfo Provsu sebagai Pusat Data.

Turut hadir Kepala OPD Pemprovsu, pejabat BUMD Provsu, para ASN, akademisi, dan pakar IT. (LIP)

Berita Terkait

Indeks Berita

Polling

Apakah Dinas Komunikasi dan Informatika telah cukup memberikan informasi kepada publik
 Lumayan
 Kurang
 Sangat Bagus

Video

Ketua PKK Sumut Memperingati Hari Kartini Bersama Grab

Tag

Statistik

Hari Ini : 65
Kemarin : 300
Minggu ini : 1,590
Bulan ini : 51,601
Total : 3,723,651
Hits Count : 293
Now Online : 3 User