Orang Tua Harus Contohkan Disiplin Protokol Kesehatan ke Anak

18 Juni 2020 23:27:18 WIB
Orang Tua Harus Contohkan Disiplin Protokol Kesehatan ke Anak

MEDAN

Menghindari penularan Covid-19 pada kalangan anak-anak, diperlukan peran aktif para orang tua. Antara lain, orang tua harus mencontohkan kedisiplinan dalam menjalankan protokol kesehatan pada anak.

Hal ini penting, mengingat anak-anak adalah salah satu kelompok yang rentan terkena Covid-19. Tingkat penularan pada anak di Indonesia juga cukup tinggi, di Sumatera Utara (Sumut) kasus anak yang terpapar Covid-19 mencapai 3,6 % dari total kasus yang ada.

Hal tersebut disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Sumut Aris Yudhariansyah saat memberikan keterangan pers di Media Centre GTPP Covid-19, Lantai 6, Kantor Gubernur Sumut, Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30 Medan, Kamis (18/6). “Orang tua harus menyontohkan pola hidup bersih dan sehat agar anak mau melakukan hal yang sama,” kata Aris.

Aris melanjutkan, anak-anak tetap dapat beraktivitas di luar ruangan, namun harus tetap memerhatikan protokol kesehatan. Di antaranya menyuci tangan dengan sabun, menggunakan masker di tempat umum dan menjaga kebugaran tubuh.

Di awal masa pandemic, kata Aris, anak-anak sempat disebut sebagai kelompok usia yang relatif tidak rentan terkena Covid-19. Awal Maret 2020 lalu, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika menyatakan gejala Covid-19 pada anak-anak tidak fatal. Namun, belakangan lembaga tersebut merevisi pernyataan tersebut dengan menyatakan bahwa gejala anak yang terinfeksi Covid-19 mirip dengan kondisi multisystem inflamatory syndrome in children, yaitu kondisi ketika ada bagian tubuh anak yang meradang, seperti jantung, paru-paru, ginjal, otak, kulit, mata hingga organ pencernaan.

“Lembaga tersebut menyatakan tanda-tanda infeksi Covid-19 pada anak tersebut adalah demam, sakit perut hingga diare, muntah, sakit leher, muncul ruam dan mata merah serta merasa sangat lelah,” paparnya.

Dalam kasus yang parah, anak-anak yang terserang Covid-19 juga dapat memperlihatkan tanda sesak napas, sakit perut parah dan bibir serta wajah kebiruan. Aris mengatakan jika muncul tanda-tanda ini, segera bawa anak ke rumah sakit. Sebagian besar anak bisa sembuh dengan pengobatan medis bila gejalanya ditemukan sejak dini.

Selain itu, Aris juga mengimbau agar masyarakat menjaga kesehatan tubuhnya dengan berolahraga. Menjaga daya tahan tubuh adalah salah satu cara untuk melawan Covid-19. Namun dia mengingatkan agar tetap menjaga protokol kesehatan saat berolahraga.

“Pastikan unsur keamanan dari Covid-19. Kalau kita merasa olahraga di luar ruangan tidak aman karena banyak kerumunan orang atau wilayah kita sedang merebak wabah penyakit, sebaiknya tetap berolahraga di rumah saja. Banyak opsi yang kita pilih untuk berolahraga di dalam rumah, misalnya dengan gerakan tanpa alat seperti senam, yoga dan lain-lain,” kata Aris.

Aris juga memaparkan angka orang terpapar Covid-19 di Sumut hingga tanggal 18 Juni 2020 pukul 16.00 WIB, di antaranya terus terjadi peningkatan pada orang sembuh yang kini mencapai 233 orang, pasien Dalam Pengawasan (PDP) 159 orang serta pasien positif 993 orang.

Berita Terkait

Indeks Berita

Polling

Apakah Dinas Komunikasi dan Informatika telah cukup memberikan informasi kepada publik
 Lumayan
 Kurang
 Sangat Bagus

Video

F1 PowerBoat Danau Toba, Indonesia 2-3 Maret 2024

Tag

Statistik

Hari Ini : 1096
Kemarin : 2,370
Minggu ini : 6,947
Bulan ini : 117,324
Total : 12,331,673
Hits Count : 4,771
Now Online : 18 User