Pemprov Sumut Kirim 125 APD ke Nias

28 Maret 2020 10:47:38 WIB
Pemprov Sumut Kirim 125 APD ke Nias

GUNUNGSITOLI

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) mengirimkan 125 paket Alat Perlindungan Diri (APD) berupa baju coverall dan sepatu boot untuk Kepulauan Nias. Ini merupakan bagian dari upaya Pemprov untuk percepatan penanganan Covid-19 di daerah ini.

APD tersebut diserahkan Kepala Dinas Pariwisata Sumut Ria Telaumbanua kepada Wakil Bupati Kabupaten Nias Arosekhi Waruwu, di Pendopo Bupati Nias, Ononamolo I, GunungSitoli. Jumat (27/3). Pertama tama saya sampaikan salam Bapak Gubernur. Dua hari lalu beliau menelpon saya, memberikan instruksi langsung agar membawakan APD ke Kepulauan Nias, sebenarnya ini bisa dikirimkan lewat paket. Namun beliau ingin saya mewakilkannya untuk memberikan langsung kepada bupati/walikota yang ada di Kepulauan Nias, ujar Ria.

Dikatakan Ria, Pemprov Sumut saat ini baru menerima bantuan sekitar 1000 APD dari pemerintah pusat dan langsung didistribusikan ke daerah kabupaten/kota. Nias adalah daerah pertama yang mendapat kiriman APD tersebut.

Ria berpesan kepada para bupati dan walikota se-Kepulauan Nias, agar serius mengantisipasi penyebaran Covid-19. Saya ingin sampaikan kepada bapak/ibu sekalian bahwa saat ini penyebaran virus corona tidak bisa dianggap main-main, untuk itu saya ingin seluruh kabupaten/kota yang ada di Kepulauan Nias ini serius untuk menanggulangi ini, kepulauan ini harus kita jaga, itu yang paling dipesankan oleh Bapak Gubernur, tambahnya.

Juga meminta agar ODP yang masuk ke Nias harus dipantau dengan ketat. Yang penting saat ini adalah pencegahan, setiap orang masuk harus benar-benar diidentifikasi, yang berstatus ODP itu kalau perlu ditelepon tiga kali sehari, pastikan dia terus berada di rumah. Jangan sampai ada yang positif di pulau ini, ujarnya.

Ria pun mengajak agar terus berpikir inovatif dan berhenti untuk mengeluh. Saat ini masker adalah barang yang langka, seberapa banyak pun uang bapak tak akan mudah untuk mendapatinya, untuk itu mulai lah berdayakan warga kita yang bisa menjahit, buat masker yang berbahan kain, yang terbuat dari kain bisa dicuci dan dipakai lagi, terangnya.

Pada kesempatan tersebut, Ria juga memberikan elektrik sprayer desinfectan atas sumbangan pribadi kepada Dinas Kesehatan Nias, Nias Utara dan Gunungsitoli, lalu Museum Pusaka Nias dan Rumah Yatim Piatu yang diasuh Suster Clara, Museum Pusaka Nias, Polres Nias dan Kodim 0213/Nias.

Sebagai tindak lanjut, Ria berharap apa yang dikataknya dapat dibahas pada pertemuan khusus Forum Kepala Daerah (FORKADA) sekepulauan Nias yang diadakan Sabtu (28/3) Untuk mengambil langkah-langkah pencegahan termasuk pembatasan masyarakat dan aparatur negara keluar masuk Kep Nias. Adapun pintu masuk yg harus dijaga ketat dan diawasi adalah Bandar Udara Binaka, Pelabuhan Gunungsutoli dan Teluk Dalam,ujarnya.

Wakil Bupati Kabupaten Nias Arosekhi Waruwu pungucapkan terima kasih atas perhatian lebih Gubernur Sumut pada Kepulauan Nias. Saya mewakili kabupaten/kota se-Kepulauan Nias sangat berterima kasih kepada Bapak Gubernur yang telah memprioritaskan kami, dan mengawasi kami untuk penanganan penyebaran wabah Covid 19 ini. Puji Tuhan sampai hari ini belum ada warga kita yang terinfeksi virus tersebut, ujarnya.

Sumber : Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu

Berita Terkait

Indeks Berita

Polling

Apakah Dinas Komunikasi dan Informatika telah cukup memberikan informasi kepada publik
 Lumayan
 Kurang
 Sangat Bagus

Video

F1 PowerBoat Danau Toba, Indonesia 2-3 Maret 2024

Tag

Statistik

Hari Ini : 2234
Kemarin : 1,238
Minggu ini : 5,720
Bulan ini : 116,097
Total : 12,325,765
Hits Count : 7,788
Now Online : 22 User