Diharapkan Bisa Menjadi Destinasi Wisata Heritage

23 Februari 2020 15:41:48 WIB
Diharapkan Bisa Menjadi Destinasi Wisata Heritage

MADINA

Bagas Godang di Desa Huta Godang Kecamatan Ulu Pungkut Kabupaten Mandailing Natal (Madina) menjadi salah satu tempat yang dikunjungi Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi dalam kunjungan kerjanya di Madina, Sabtu (22/2).

Bagas Godang juga dikenal sebagai rumah adat tradisional Suku Mandailing. Bangunan yang terbuat dari bahan kayu tersebut merupakan peninggalan dari Raja Djunjungan Lubis yang merupakan Gubernur Sumut ke-6. Konstruksi atap berbentuk tarup silengkung dolok seperti atap pedati menjadi ciri bangunan tua ini.

Masyarakat Mandailing menganggap Bagas Godang sebagai tempat yang sakral karena adat dan hukum yang berlaku dalam masyarakat Mandailing dijiwai oleh Bagas Godang. Sebab pada zaman dahulu, rumah berukuran 3920 meter yang terbuat dari kayu ini menjadi tempat masyarakat bermusyawarah untuk menentukan suatu hal.

Kedatangan Gubernur bersama Ketua TP PKK Sumut Nawal Edy Rahmayadi dan rombongan disambut gondang sembilan. Gubernur melihat setiap sudut ruangan dari rumah adat khas Mandailing tersebut.

Takjub melihat keunikan dan sejarah rumah tersebut, Gubernur pun berharap rumah bersejarah ini dapat dilestarikan dan dikembangkan menjadi salah satu destinasi wisata heritage atau wisata sejarah di Sumut.

Nanti kita akan pelajari dahulu. Tadi Saya juga sudah bicara dengan keluarga. Saya juga sudah sampaikan keinginan untuk melestarikan tempat ini. Kita panggil ahli untuk melakukan revitalisasi sehingga menjadi ikon pariwisata heritage, ujar Edy Rahmayadi.

Usai mengunjungi Bagas Godang, Gubernur bersama Ketua TP PKK Sumut berziarah ke makam Raja Djunjungan Lubis. Saya berziarah ke makam Raja Djunjungan Lubis karena ajaran agama untuk berdoa di makam orang-orang saleh. Beliau juga pernah menjadi Gubernur Sumut. Tapi yang lebih penting adalah Saya yakin Beliau adalah salah satu tokoh yang membesarkan agama Islam di sini, ungkap Gubernur Edy.

Sementara itu, Rinaldo Basrah Lubis yang merupakan cucu Raja Djunjungan Lubis mengaku senang atas kunjungan Gubernur Edy Rahmayadi dan rombongan. Menurutnya, kunjungan tersebut merupakan bentuk perhatian dan kepedulian Gubernur terhadap masyarakat dan adat Mandailing.

Terima kasih atas kunjungan Bapak Gubernur. Dengan kunjungan ini saya berharap nantinya Bagas Godang ini dapat direvitalisasi atau dipugar, sehingga sesuai dengan harapan Pak Gubernur bisa menjadi wisata heritage,ujarnya.

Sumber : Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu

Berita Terkait

Indeks Berita

Polling

Apakah Dinas Komunikasi dan Informatika telah cukup memberikan informasi kepada publik
 Lumayan
 Kurang
 Sangat Bagus

Video

F1 PowerBoat Danau Toba, Indonesia 2-3 Maret 2024

Tag

Statistik

Hari Ini : 2815
Kemarin : 1,634
Minggu ini : 7,320
Bulan ini : 146,266
Total : 12,483,562
Hits Count : 23,568
Now Online : 47 User