Wagub Apresiasi Program DMI Subuh Berjamaah Keliling Kabupaten/Kota

16 Februari 2020 22:33:46 WIB
Wagub Apresiasi Program DMI Subuh Berjamaah Keliling Kabupaten/Kota

ASAHAN

Apresiasi program kerja kepengurusan baru Pengurus Wilayah (PW) Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi Sumatra Utara (Sumut), Wakil Gubrrnur Sumut Musa Rajekshah hadir mengikuti kegiatan subuh berjamaah dan tausiyah yang dilaksanakan di Masjid Agung Ahmad Bakrie Kisaran Kabupaten Asahan, Minggu (16/2)

Sebelum azan subuh berkumandang, Musa Rajekshah yang akrab disapa Ijeck tiba di pelataran masjid bersama rombongan disambut Bupati Asahan Surya. Selanjutnya rombongan masuk ke dalam masjid dan melaksanakan shalat Subuh berjamaah bersama masyarakat.

Usai salat, Ijeck mengapresiasi program kerja yang dilakukan oleh PW DMI Sumut. Antara lain denganmenggelar safari shalat berjamaah ke kabupaten/kota yang ada di Sumut setiap bulan dan kali ini Kabupaten Asahan mendapat giliran kegiatan ini.

Ini program baru dari PW DMI. Mengajak masyarakat ikut shalat berjamaah, ikut memakmurkan masjid. Program setiap bulan subuh berjamaah ini pun berpindah ke setiap kabupaten/kota setiap bulan, ujar Ijeck saat memberi sambutan.

Program-program yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Asahan pun mendapat respons positif dari Ijeck. Pasalnya dalam usaha memakmurkan masjid, Pemkab Asahan ikut membantu khususnya dalam penganggaran yang dilaksanakan oleh Unit Pelaksanan Khusus dari Dinas Sosial Pemkab Asahan.

Walaupun demikian menurut Ijeck, kegiatan memakmurkan masjid harus dilakukan oleh seluruh umat muslim yang ada, tidak hanya mengandalkan kepada pemerintah. Pemkab Asahan sudah ikut membantu memakmurkan masjid, namun tugas kita (jamaah) yg utama dalam memakmurkan masjid, ujar Ijeck.

Irhamuddin Siregar selaku Ketua PW DMI Sumut menyampaikan bahwa program safari subuh berjamaah ini merupakan yang kelima kalinya setelah dilakukan di Kota Tebingtinggi dan kota lainnya. Menurutnya, selain bertujuan untuk memakmurkan masjid, program ini juga diharapkan dapat memberikan pemahaman bahwa masjid bukan hanya sekadar sebagai tempat ibadah, melainkan juga sebagai pusat kegiatan umat muslim.

DMI akan terus melakukan program ini. Kita berharap masjid bisa mengubah anggapan bukan hanya sekedar tempat ibadah, tapi hari ini kita lakukan paripurna masjid. Mudah-mudahan ada pemberdayaan ekonomi dan kegiatan lainnya, jelas Irhamuddin Siregar.

Ia juga berharap dengan makmurnya masjid dapat ikut membantu pemerintah mewujudkan program Sumatera Utara Bermartabat menuju Indonesia unggul. DMI adalah mitra dari semua, khususnya dari pemerintah. Mari kita makmurkan masjid, karena kemuliaan ada dalam masjid, terlebih dalam shalat subuh. Memakmurkan masjid untuk mewujudkan Sumut Bermartabat menuju Indonesia Unggul, ujar Irhamuddin.

Bupati Asahan Surya yang ikut menghadiri rangkaian subuh berjamaah menjelaskan bahwa dalam upaya memakmurkan masjid pihaknya telah mengeluarkan program yang diberi nama Program Iman dan Taqwa yang berada pada naungan Dinas Sosial Kabupaten Asahan.

Adapun program ini dikatakan Surya untuk memakmurkan masjid-masjid yang ada di seluruh wilayah Asahan hingga ke pelosok desa. Program Iman dan Taqwa kami upayakan untuk memakmurkan masjid hingga ke desa-desa di Asahan, jelas Surya.

Rangkaian acara pun dilanjutkan dengan tausiyah yang dibawakan UstaZ Abdul Halim dan dilanjutkan dengan sarapan bersama. Turut hadir diantaranya OPD Pemprov dan Pemkab, Pengurus Wilayah DMI Sumut dan Asahan serta tokoh masyarakat.

Sumber : Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu

Berita Terkait

Indeks Berita

Polling

Apakah Dinas Komunikasi dan Informatika telah cukup memberikan informasi kepada publik
 Lumayan
 Kurang
 Sangat Bagus

Video

F1 PowerBoat Danau Toba, Indonesia 2-3 Maret 2024

Tag

Statistik

Hari Ini : 1396
Kemarin : 0
Minggu ini : 1,402
Bulan ini : 140,349
Total : 12,409,601
Hits Count : 5,659
Now Online : 26 User