Gubernur Berharap Tingkatkan Pengawasan TKI Ilegal

21 Januari 2020 17:27:18 WIB
Gubernur Berharap Tingkatkan Pengawasan TKI Ilegal

MEDAN

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menerima kunjungan silaturahmi Konsul Jenderal Malaysia di Medan YM Aiyub Bin Omar bersama rombongan di ruang kerja, lantai 10, Kantor Gubernur Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30, Medan, Selasa (21/1). Kunjungan tersebut dalam rangka mempererat silaturahmi khususnya memperkenalkan YM Aiyub Bin Omar yang baru bertugas di Medan.

Menyambut baik kedatangan rombongan Konsulat Jenderal (Konjen) Malaysia, Gubernur mengucapkan terima kasih. Katanya, Malaysia sudah seperti keluarga. Selain karena jarak geografis yang dekat juga karena adanya hubungan historis dan kultural suku, yakni antara suku Melayu di Sumut dan Malaysia. Selain itu mobilitas antar penduduk pun sangat intens.

Untuk kerja sama, saya yakin banyak sekali yang bisa kita kerjasamakan. Namun salah satu yang menjadi perhatian saya saat ini adalah agar kita sama-sama pro aktif dan sinergi untuk mengawasi TKI/TKW ilegal. Kasus-kasus seperti ini nanti yang berpotensi merusak hubungan harmonis, tuturnya.

Edy Rahmayadi kemudian bercerita bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut baru-baru ini telah membawa pulang masyarakat Sumut yang terlantar di Malaysia. Berharap kejadian tersebut tidak terjadi lagi di masa depan.

Berikutnya Edy menyampaikan ada banyak pembangunan khususnya infrastruktur yang akan dilakukan di Sumut. Pihak Pemprov Sumut akan sangat terbuka jika ada investor Malaysia yang tertarik untuk melakukan investasi. Begitu pula dengan pariwisata sebagai negara yang dekat atau tetangga mungkin kita bisa saling membantu untuk promosi pariwisata, saran Edy.

Konsul Jenderal Malaysia di Medan YM Aiyub Bin Omar menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan yang ia terima dan rombongan. Memperkenalkan diri sebagai Konsul baru di Medan, Aiyub berharap kerja sama dan hubungan baik yang telah dibina selama ini berlanjut dan semakin erat.

Aiyub setuju sinergi, koordinasi dan komunikasi merupakan salah satu upaya yang harus dijalin untuk menekan dan mengawasi pertumbuhan TKI/TKW ilegal. Ke depan, Aiyub mengatakan akan menyampaikan masukan tersebut khususnya pihak imigrasi untuk memperketat pengawasan.

Untuk pariwisata, saya sepakat Bapak Gubernur. Kita harus saling bahu-membahu dalam promosi pariwisata, saling mengunjungi dan jaraknya pun dekat. Tak perlu jauh-jauh berlibur, di Malaysia banyak yang bisa dinikmati. Begitu pula di Sumut, indah, ucapnya.

Kunjungan silaturahmi diakhiri dengan bertukar cindera mata dan foto bersama. Turut hadir dalam kunjungan tersebut mendampingi Gubernur Edy yakni Asisten Administrasi dan Pemerintahan Setdaprov Sumut Arsyad Lubis, Kepala Biro Otda dan Kerja Sama Basarin Yunus Tanjung dan Kepala Bappeda Hasmirizal Lubis. Rombongan Konsulat Malaysia terdiri dari Konsul Aminuddin bin Othman, Konsul Pelancongan Malaysia Medan Hishamuddin Mustafa dan Atase Kepolisian Malaysia ASP Ismail bin Mohammad Ali.

Sumber : Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu

Berita Terkait

Indeks Berita

Polling

Apakah Dinas Komunikasi dan Informatika telah cukup memberikan informasi kepada publik
 Lumayan
 Kurang
 Sangat Bagus

Video

F1 PowerBoat Danau Toba, Indonesia 2-3 Maret 2024

Tag

Statistik

Hari Ini : 1496
Kemarin : 2,370
Minggu ini : 7,347
Bulan ini : 117,725
Total : 12,333,400
Hits Count : 6,498
Now Online : 31 User