Nyaris Masuk Jurang, Musa Rajekshah Berhasil Raih Juara Tiga Umum Danau Toba Rally 2019

25 November 2019 15:56:10 WIB
Nyaris Masuk Jurang, Musa Rajekshah Berhasil Raih Juara Tiga Umum Danau Toba Rally 2019

PARAPAT

Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah berhasil meraih juara 3 umum pada gelaran Danau Toba Rally 2019 Kejuaraan Nasional Putaran 3 sekaligus seri penutup di tahun 2019, yang dilaksanakan di Hutan Tanaman Industri PT Toba Pulp Lestari, Aek Nauli, Parapat, Simalungun. Wagub Sumut menaiki podium bersama dengan para juara lainnya saat acara penutupan di Pantai Bebas Parapat, Minggu (24/11).

Musa Rajekshah yang akrab disapa Ijeck bersama navigatornya Uche dengan mengendarai Subaru WRX Sti yang berasal dari Bla Bla Bla Motorsport, berhasil merebut Juara 3 Umum dengan catatan waktu 1:50:27.7. Catatan waktu ini mengalahkan pereli nasional Subhan Aksa bersama navigatornya Mago Sarwono yang mengendarai Lancer Exo X berasal dari Sulawesi Selatan dengan tim FBRT Sport dengan catatan waktu 1:50:31.2. Serta mengalahkan pembalap nasional Indonesia Sean Gelael yang mengendari Citroen C3 R5 bersama navigatornya Tony Sircombe yang berasal dari Selandia Baru bersama tim Jagonya Ayam dengan catatan waktu 1:51:54.4.

Posisi pertama berhasil diraih HM Rihans Variza asal Kalimantan Selatan dengan navigator Anthony Sarwono asal DKI dengan tim HRVRT BGM HBM BMB Rally Team mengendari Masda 2 AP4 dengan catatan waktu 1:44:00.2. Dan posisi kedua diraih Rizky Prayoga asal Kalimantan Selatan dan navigator Donny Wardono asal Jawa Barat dengan tim HRVRT BGM HBM BMB Rally Team mengendari Mitsubishi Lancer Evo X dengan catatan waktu 1:50:17.7.

Dijelaskan Ijeck, dirinya sempat memimpin di urutan 1 pada Leg 1 hari pertama. Pada hari kedua, Ijeck beberapa kali mengalami masalah. “Saya, Alhamdulilah hari pertama sempat peringkat 1 dan di leg kedua ini saya ada trouble di Spesial Stage (SS) 8 mobil saya ke luar dari jalur dan tidak bisa melanjutkan lagi setelah itu lanjut di SS 9 tapi sudah kena penalti waktu. Jadi sekarang saya Alhamdulilah menempati posisi ketiga umum overall. Tapi kami bersyukur karena masih bisa masuk ke dalam tiga besar di Kejurnas Putaran 3 ini,” ujar Ijeck.

Ijeck juga bercerita, dalam rally kali ini, ada satu pengalaman yang tak terlupakannya. Dirinya hampir saja celaka, masuk ke dalam jurang di SS 8. Namun masih ada dua batang kayu yang menahan mobilnya sehingga masih selamat.

“Yang tak terlupakan ya tadi, saya di SS 8 bersyukur saya mobil saya itu posisinya sudah di ambang jurang, tapi Allah masih melindungi. Ada dua batang kayu yang menahan jadi di situ mobil tergantung. Ini jadi pengalaman dan mudah mudahan ini jadi evaluasi bagi saya ke depan agar lebih teliti dalam melihat jalur khususnya yang berbahaya,” ujar Ijeck.

Lanjut Ijeck, dirinya ingin Gelaran World Rally Championship (WRC) bisa digelar di Danau Toba di tahun 2022 mendatang. Danau Toba dirasa cocok sebagai lokasi WRC karena ingin membantu mempromosikan Danau Toba ke mancanegara.

“Kita inginnya membuatnya di Danau Toba karena kita ingin membantu mempromosikan Danau Toba. Karena kejuaraan dunia itu pastinya banyak tim tim besar yang datang dan banyak penonton rally datang dari negara lain. Pastinya juga kawan kawan media dari seluruh dunia akan datang meliput kegiatan itu. Itu akan menguntungkan negara kita, daerah kita,” ujar Ijeck.

Namun, dirinya mengakui bahwa cita-cita ini tidak bisa hanya diwujudkan oleh Pemprov Sumut dan Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sumut saja, perlu dukungan dari pemerintah pusat agar hal ini terwujud. “Persiapan ini tak hanya bisa Pemprov semata atau IMI saja, tapi juga Pemerintah Pusat melalui Kementrian terkait. Dan kami sedang mempersiapkan dari tingkat nasional, sekarang sudah Asia Pacific dan di 2020 kami akan cona beraudiensi dengan kementrian terkait untuk WRC ini karena menujut tahun 2022 persiapannya harus dari sekarang,” jelas Ijeck.

Bupati Simalungun JR Saragih mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Wakil Gubernur Sumut dan IMI Sumut karena sudah mempercayai Kabupaten Simalungun dalam pelaksanaan Danau Toba Rally 2019. Ke depan, dirinya juga akan kembali membenahi Danau Toba agar menjadi lebih baik baik dari sisi infrastruktur hingga ke pelayanan.

“Kami ucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Wakil Gubernur, kepada panitia rally yang sudah mempercayai Kabupaten Simalungun sebagai lokasi rally. Harapan kami ini bisa berlanjut sehingga Danau Toba semakin dicintai oleh siapapun. Ke depan, kami akan benahi Danau Toba agar menjadi lebih baik termasuk dalam pelayanan ke depan,” ujar JR Saragih.

Sumber : Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu

Berita Terkait

Indeks Berita

Polling

Apakah Dinas Komunikasi dan Informatika telah cukup memberikan informasi kepada publik
 Lumayan
 Kurang
 Sangat Bagus

Video

F1 PowerBoat Danau Toba, Indonesia 2-3 Maret 2024

Tag

Statistik

Hari Ini : 1604
Kemarin : 1,238
Minggu ini : 5,087
Bulan ini : 115,465
Total : 12,323,877
Hits Count : 5,900
Now Online : 26 User