Syukuran Peringatan Hari Pahlawan, Sabrina : Generasi Muda Harus Jadi Pahlawan Masa Kini

11 November 2019 13:43:32 WIB
Syukuran Peringatan Hari Pahlawan, Sabrina : Generasi Muda Harus Jadi Pahlawan Masa Kini

MEDAN

Kemerdekaan yang telah dipersembahkan oleh para pahlawan dan pejuang kemerdekaan di masa lalu merupakan tanggung jawab bersama yang harus dirawat. Apalagi generasi muda, harus bisa menjadi pahlawan masa kini untuk melanjutkan perjuangan dan tantangan yang lebih berat saat ini.

Hal ini diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Sabrina saat menghadiri Jamuan Makan Siang dan Syukuran Peringatan Hari Pahlawan 10 November, di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut, Minggu (10/11), di Aula Raja Inal Siregar, lantai 2 Kantor Gubernur Sumut, Jalan Diponegoro No 30 Medan.

“Peringatan Hari Pahlawan hari ini menjadi pengingat bagi kita untuk menteladani pengorbanan para pahlawan, khususnya oleh generasi pewaris dan penerus bangsa. Kalau kata Bung Karno, bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya,” ucap Sabrina.

Mengutip pesan Pahlawan Nasional Silas Papare yang berbunyi “Jangan Sanjung Aku, Tetapi Teruskanlah Perjuanganku”, Sabrina berharap pemuda mampu meneruskan perjuangan bangsa dan negara yang masih panjang. Salah satunya, dengan membekali kapasitas diri.

Sesuai dengan tema peringatan Hari Pahlawan 10 November 2019 yakni “Aku Pahlawan Masa Kini”, Sabrina ingin masyarakat menghayati dan memegang erat nilai-nilai kepahlawanan dalam diri masing-masing. “Setiap kita ini adalah pahlawan, untuk keluarga, teman, lingkungan, maupun untuk diri sendiri. Miliki semangat juang untuk menjadikan hidup lebih baik juga bentuk perjuangan,” tuturnya.

Terakhir, Sabrina berpesan agar seluruh komponen masyarakat selalu menjunjung persatuan dan kesatuan. Merapatkan barisan, menyatukan visi dan persepsi untuk mengatasi permasalahan yang sedang dihadapi oleh bangsa.

Sementara itu, Kepala Biro Sosial dan Kesejahteraan Setdaprovsu M Yusuf selaku Ketua Panitia pelaksana menyebut bahwa ada beragam rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka peringatan Hari Pahlawan 10 November 2019 di lingkungan Pemprov Sumut.

Di antaranya, kegiatan dialog interaktif di RRI Cabang Medan dan TVRI Sumut, kegiatan karya bakti di taman makam pahlawan, pameran sejarah perjuangan di museum negeri, upacara ziarah nasional di taman makam pahlawan, upacara tabur bunga di perairan buoy 2 laut Belawan, dan syukuran peringatan Hari Pahlawan.

Dalam kesempatan tersebut, Sabrina bersama unsur Forkopimda Sumut menyerahkan tali asih secara simbolis kepada perwakilan keluarga pahlawan nasional dan pejuang kemerdekaan RI di Sumut. Kemudian, dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng bersama para veteran.

Acara diakhiri dengan acara hiburan, ramah-tamah, dan menyantap sajian makan siang yang telah disediakan. Turut hadir dalam acara syukuran tersebut unsur Forkopimda Sumut, mewakili DPRD Sumut, Dirut Bank Sumut M Budi Utomo, Konjen/konsul negara sahabat, OPD Provinsi Sumut, keluarga pahlawan nasional dan pejuang kemerdekaan, pimpinan organisasi pejuang, organisasi masyarakat, kepemudaan, dan undangan lainnya.

Sumber : Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu

Berita Terkait

Indeks Berita

Polling

Apakah Dinas Komunikasi dan Informatika telah cukup memberikan informasi kepada publik
 Lumayan
 Kurang
 Sangat Bagus

Video

F1 PowerBoat Danau Toba, Indonesia 2-3 Maret 2024

Tag

Statistik

Hari Ini : 2282
Kemarin : 1,238
Minggu ini : 5,768
Bulan ini : 116,145
Total : 12,325,910
Hits Count : 7,933
Now Online : 33 User