Dinas Kominfo Sumut Ajak RTIK Sumut Bersinergi Tingkatkan Literasi Digital Masyarakat Sumut

27 Desember 2022 22:48:29 WIB
 Dinas Kominfo Sumut Ajak RTIK Sumut Bersinergi Tingkatkan Literasi Digital Masyarakat Sumut

MEDAN

Di tengah perkembangan dunia digital yang semakin pesat, literasi digital menjadi sesuatu yang sangat penting. Keberadaan Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (RTIK) Sumatera Utara (Sumut) dirasa sangat dibutuhkan guna meningkatkan literasi digital masyarakat.

Karena itu, Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sumut mengajak RTIK Sumut bersinergi meningkatkan literasi digital. Hal itu disampaikan Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sumut Ilyas Sitorus pada pembukaan pelatihan dan sertifikasi Digital Marketing dan Desainer Multimedia Madya di Aula BPSDM Sumut, Jalan Ngalengko Nomor 1, Medan, Selasa (27/12).

"Ayo sama-sama kita mengedukasi masyarakat kita di Sumut dengan literasi digital, karena literasi digital ini saat ini sangat penting, agar kemampuan atau kecakapan masyarakat ketika berinternet semakin tinggi," kata Ilyas.

Ilyas juga mendorong RTIK Sumut segera membentuk RTIK di kabupaten/kota. Sehingga program RTIK dapat menjangkau hingga ke masyarakat di kabupaten/kota. "Nanti sama-sama juga kita besarkan di kabupaten/kota. Nanti kalau ada Rakor Kominfo se-Sumut kami undang kawan-kawan pengurus RTIK, untuk mendengar masukan dari kabupaten/kota," kata Ilyas.

Ilyas juga mengapresiasi kegiatan pelatihan dan sertifikasi yang diadakan RTIK tersebut. Menurutnya Indonesia, khususnya Sumut saat ini membutuhkan tenaga digital talent yang sangat besar jumlahnya. Mengingat kebutuhan industri digital yang juga besar.

"Mudah-mudahan kegiatan ini dapat bermanfaat dan menambah kapasitas kawan-kawan peserta khususnya di bidang literasi digital, " kata Ilyas.

Ketua RTIK Sumut Anwar Sadat mengatakan RTIK siap bermitra dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Sumut. “Kami siap bermitra dengan Dinas Kominfo Sumut, terutama dalam pengembangan sumber daya manusia di bidang digital,” kata Anwar.

RTIK Sumut baru saja melakukan reorganisasi kepengurusan. Selanjutnya RTIK Sumut akan membentuk cabang di kabupaten/kota hingga komisariat di kampus-kampus.

Mengenai pelatihan dan sertifikasi, Anwar menyebutkan perserta berjumlah kurang lebih 50-an orang. Berasal dari berbagai instansi di Pemprov Sumut, Pemkab Deliserdang hingga Relawan TIK Sumut. Pelatihan dan sertifikasi dilaksanakan selama dua hari mulai dari 27-28 Desember 2022.**(H17/DISKOMINFO SUMUT)

Berita Terkait

Indeks Berita

Polling

Apakah Dinas Komunikasi dan Informatika telah cukup memberikan informasi kepada publik
 Lumayan
 Kurang
 Sangat Bagus

Video

LIVE STREAM | SEMINAR DANA BAGI HASIL PERKEBUNAN UNTUK MENINGKATKAN PERTUMBUHAN EKONOMI DAERAH

Tag

Statistik

Hari Ini : 718
Kemarin : 916
Minggu ini : 2,580
Bulan ini : 33,015
Total : 9,635,294
Hits Count : 5,661
Now Online : 20 User