Buka Pelatihan Kepemimpinan Nasional, Gubernur Edy Rahmayadi Minta OPD Terus Belajar

28 Juli 2022 03:44:07 WIB
Buka Pelatihan Kepemimpinan Nasional, Gubernur Edy Rahmayadi Minta OPD Terus Belajar

MEDAN

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mengingatkan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut terus belajar. Perubahan yang begitu cepat menurutnya harus diimbangi dengan pemimpin-pemimpin yang berkompeten.

Edy Rahmayadi ingin para pejabat yang mengikuti pelatihan tidak menurun keinginan belajarnya setelah menjabat. Tuntutan untuk menghasilkan inovasi tidak akan terpenuhi bila pejabat kehilangan kreativitas.

“Jangan mentang-mentang sudah menjabat malah tidak mengasah ilmu, harusnya makin kuat belajar karena tanggung jawab semakin besar,” kata Edy Rahmayadi saat membuka Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Angkatan XIX Tahun 2022 di Aula Tengku Rizal Nurdin, Jalan Sudirman Nomor 41, Medan, Rabu (27/7).

Menurut Edy Rahmayadi, permasalahan yang dihadapi Pemprov Sumut ke depannya akan semakin kompleks. Bila tidak dibarengi dengan OPD yang berkompeten akan sulit menjawab tantangan tersebut.

“Tantangan kita kedepannya semakin sulit, masalah semakin komplek, kalau kita tidak meningkatkan kemampuan, tertinggallah kita,” ungkap Edy Rahmayadi.

Edy Rahmayadi berharap agar para peserta yang merupakan pejabat dari kabupaten/kota se-Sumut dan Sumatera Barat (Sumbar) mengikuti pelatihan ini dengan sungguh-sungguh. Sehingga dalam membuat kebijakan atau program akan lebih efektif dan efisien.

“Ingat, kebijakan dan program kalian itu akan berpengaruh ke masyarakat luas. Salah kalian, akan berdampak besar pada masyarakat, benar kalian manfaatnya sangat dirasakan masyarakat,” kata Edy Rahmayadi.

Sementara itu, Deputi Bidang Penyelenggaraan Pengembangan Kompetensi LAN RI Basseng meminta para peserta tidak menyia-nyiakan kesempatan ini. Apalagi, ini baru PKN ini baru pertama kali dilakukan di pulau Sumatera.

“Ini pertama kali di pulau Sumatera, jadi jangan dilewatkan begitu saja karena ilmu yang diberikan sangat bermanfaat bagi kita semua. Apalagi, untuk hadir di sini bapak/ibu sekalian sudah diseleksi,” kata Basseng.

Kepala BPSDM Sumut Alwi Mujahit Hasibuan mengatakan pihaknya akan terus berupaya untuk meningkatkan kompetensi ASN-nya. Melalui pelatihan ini diharapkan kemampuan manajerial pejabat peserta semakin meningkat.

“Itu tujuan kita, dan ini merupakan hak OPD mendapat pendidikan peningkatan kompetensi,” ungkap Alwi Mujahit Hasibuan.

PKN Tingkat II angkatan XIX Tahun 2022 di ikuti 60 peserta, 58 berasal dari Sumut dan 2 dari Sumbar. Pelatihan ini akan dilaksanakan tiga tahap dari bulan Juli hingga Oktober 2022. **(H15/DISKOMINFO SUMUT)

Berita Terkait

Indeks Berita

Polling

Apakah Dinas Komunikasi dan Informatika telah cukup memberikan informasi kepada publik
 Lumayan
 Kurang
 Sangat Bagus

Video

Live Streaming Ngopi Sumut - Ngobrol Bersama Pemimpin Sumatera Utara

Tag

Statistik

Hari Ini : 570
Kemarin : 662
Minggu ini : 3,264
Bulan ini : 148,063
Total : 8,513,138
Hits Count : 5,049
Now Online : 17 User