Lepas Keberangkatan Calon Haji KBIH Pemprov Sumut, Afifi Lubis Ingatkan Esensi Ibadah Haji

15 Juni 2022 21:22:02 WIB
Lepas Keberangkatan Calon Haji KBIH Pemprov Sumut, Afifi Lubis Ingatkan Esensi Ibadah Haji

MEDAN

Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumatera Utara (Sumut) Afifi Lubis, mengingatkan esensi ibadah haji kepada 15 calon haji binaan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut. Yaitu ritual menunaikan Rukun Islam kelima yang telah ditentukan oleh Allah SWT.

Karena itu, Afifi Lubis mengimbau para jemaah untuk memanfaatkan kesempatan sebagai tamu Allah, untuk fokus pada penunaian ibadah. “Berkonsentrasilah dalam menunaikan ibadah, jangan ibadah haji ini menjadi perjalanan yang sia-sia. Tapi justru harus memberikan manfaat kepada kita,” katanya, ketika melepas keberangkatan jemaah calon haji KBIH Pemprov Sumut Kloter 6, di Kantor Gubernur Sumut Jalan Diponegoro Nomor 30 Medan, Rabu (15/6).

Afifi Lubis mengingatkan, menunaikan haji adalah ibadah yang tidak mudah dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Sehingga hanya diwajibkan bagi yang sanggup, orang-orang yang dipilih Allah sebagai tamunya.

“Jadi Alhamdulliah, bersyukurlah bapak dan ibu jemaah yang tergabung dalam KBIH Pemprov Sumatera Utara, anda menjadi orang pilihan Allah, yang diberikan kesempatan untuk menunaikan kewajiban Rukun Islam kelima tahun ini,” katanya.

Afifi juga mengharapkan, ibadah haji yang akan dilaksanakan berdampak baik pada perilaku para jemaah. Karena menurutnya, haji bukanlah semata titel yang disandang. Namun bermakna pada perubahan perilaku dan sikap ke arah yang lebih baik.

“Doakan negeri ini, doakan Sumatera Utara, doakan pimpinan-pimpinan kita, masyarakat kita, sanak saudara kita. Mudah-mudahan beroleh kesehatan dan kekuatan, juga kesempatan menunaikan haji seperti bapak ibu nantinya,” tutup Afifi, yang pada kesempatan itu menyerahkan bingkisan kepada para calon jemaah haji.

Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat M Fitriyus yang juga selaku Ketua KBIH Pemprov Sumut juga menyampaikan harapan yang sama. Fitriyus mengajak seluruh masyarakat turut berdoa, semoga para jemaah dapat menunaikan seluruh rangkaian ibadah, dan pulang dalam keadaan yang semakin baik.

“Kita doakan semoga kiranya jemaah dari kelompok ibadah haji Pemprov Sumut ini dapat melaksanakan seluruh ibadah, baik yang rukun maupun yang sunnah. Dimulai dari keberangkatan sampai kembali ke rumah masing-masing dalam keadaan sehat walafiat. Semoga menjadi haji yang mabrur,” kata Fitriyus.

Pelepasan keberangkatan calon jemaah haji tersebut juga diisi dengan pembacaan doa oleh Muniruddin, yang juga salah satu narasumber manasik haji di KBIH Pemprov Sumut. Kemudian pembacaan Talbiyah oleh Muhammad, yang semakin memantapkan niat para calon jemaah untuk melaksanakan Ibadah haji.

Sebanyak 15 calon jemaah haji binaan KBIH Pemprov Sumut tersebut selanjutnya akan menjalani karantina di Asrama Haji Medan mulai Rabu (15/6) malam, untuk kemudian diberangkatkan pada Kamis (16/6) malam, dan tergabung dalam kloter 6 melalui Embarkasi Medan.**(DISKOMINFO SUMUT)

Berita Terkait

Indeks Berita

Polling

Apakah Dinas Komunikasi dan Informatika telah cukup memberikan informasi kepada publik
 Lumayan
 Kurang
 Sangat Bagus

Video

Pengurus YJI Sumut Dilantik, Edy Rahmayadi Minta Lebih Intensifkan Kampanyekan Hidup Sehat

Tag

Statistik

Hari Ini : 394
Kemarin : 577
Minggu ini : 395
Bulan ini : 110,968
Total : 8,190,968
Hits Count : 1,959
Now Online : 13 User