Tinjau Lokasi Perkebunan PT PSU di Madina, Gubernur Edy Rahmayadi Dorong Evaluasi Perusahaan untuk Tingkatkan Produksi

27 April 2022 18:20:45 WIB
Tinjau Lokasi Perkebunan PT PSU di Madina, Gubernur Edy Rahmayadi Dorong Evaluasi Perusahaan untuk Tingkatkan Produksi

MADINA

Kunjungi Kabupaten Mandailingnatal (Madina), Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menyempatkan diri meninjau lokasi perkebunan dan Pabrik Kelapa Sawit (PKS) milik PT Perkebunan Sumatera Utara (PSU) di Kecamatan Linggabayu, Rabu (27/4). Kehadirannya guna melihat langsung kondisi pengelolaan perusahaan milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut tersebut.

Gubernur Edy Rahmayadi yang hadir didampingi Kadis Kehutanan Sumut Herianto, Kadis Perkebunan Lis Handayani Siregar, Sekda Madina Gozali dan Plt Dirut PT PSU Hidayat, meminta perbaikan produksi agar keberadaan perusahaan bermanfaat bagi pemerintah, dan juga masyarakat, terutama keberlangsungan hidup karyawan perkebunan.

"Ada 14 ribu hektare sawit dengan 2 PKS (milik PT PSU). Saya tak begitu tahu sawit, tetapi kalau begini kondisinya (banyak pohon sawit tidak produktif dan belum replanting), ini harus diperbaiki. Yang 3 ribu hektare sawitnya, hidupnya bisa sejahtera, kenapa ini tidak," ujar Gubernur.

Sebagai perusahaan milik Pemprov, PT PSU kata Gubernur, adalah milik rakyat. Sehingga dengan luas perkebunan tersebut, harusnya memberikan manfaat besar bagi pembangunan di provinsi ini. Setidaknya, untuk kesejahteraan pekerja, hingga membuka kesempatan kerja sebesar-besarnya untuk rakyat.

"Untuk itu, mulai hari ini, saya minta ini (kondisi PT PSU) dikaji. Nanti pengkajian akan dimoderasi orang yang berkompeten," tegasnya.

Guberur juga meyakinkan masyarakat bahwa keberadaan BUMD bisa transparan pengelolaannya. Sebab, katanya, DPRD Sumut sebagai lembaga yang mengawasi kinerja Pemerintah Provinsi tentu akan memberikan perhatian hingga saran agar ada perbaikan pengelolaan perusahaan.

"Ada progresnya, mana yang harus dilakukan replanting, mana yang bisa disehatkan, harus benar-benar objektif. Pastinya kita inginkan meningkatkan produksi. Dengan begitu, pendapatan pasti meningkat," sebutnya.

Namun, tegas Gubernur, langkah awalnya adalah pembenahan, untuk mengejar target produksi. Sehingga dapat ditetapkan, siapa yang mengerjakan dan harus berbuat apa. "Saya minta ini dilihat dengan pemikiran yang positif. Karena saya tadi sudah lihat dari atas (helikopter), bagaimana kondisi perkebunan ini," katanya.

Sementara Plt Dirut PT PSU Hidayat menyampaikan pihaknya akan terus berupaya meningkatkan produksi, serta keuntungan dari usaha yang dikelola.** (H13/DISKOMINFO SUMUT)

Berita Terkait

Indeks Berita

Polling

Apakah Dinas Komunikasi dan Informatika telah cukup memberikan informasi kepada publik
 Lumayan
 Kurang
 Sangat Bagus

Video

Live Streaming Ngopi Sumut - Ngobrol Bersama Pemimpin Sumatera Utara

Tag

Statistik

Hari Ini : 612
Kemarin : 662
Minggu ini : 3,306
Bulan ini : 148,105
Total : 8,513,600
Hits Count : 5,511
Now Online : 14 User