Gelar Forum OPD, Diskominfo Sumut Selaraskan Program Kegiatan Dengan Perangkat Daerah

31 Maret 2022 19:15:18 WIB
Gelar Forum OPD, Diskominfo Sumut Selaraskan Program Kegiatan Dengan Perangkat Daerah

MEDAN

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) menyelaraskan berbagai program dan kegiatan dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya optimalisasi pencapaian sasaran dan sinergitas pelaksanaan prioritas pembangunan daerah pada tahun 2023 mendatang.

“Diskominfo memiliki peran penting untuk mendukung pembangunan yang dilaksanakan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara. Untuk itu, seluruh program dan kegiatannya perlu disinkronkan dengan berbagai program dan kegiatan di setiap OPD,” ungkap Plt Kepala Diskominfo Provinsi Sumut Kaiman Turnip, saat membuka Forum OPD Diskominfo Sumut, yang bertempat di Aula Transparansi Diskominfo Sumut, Jalan HM Said Nomor 27, Kamis (31/3).

Hadir di antaranya Ketua Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sumut Hendro Susanto, Sekretaris Bappeda Sumut Yosi Sukmono, Inspektur Pembantu (Irban) Khusus Inspektorat Sumut Hafidz Tigor Barita. Serta perwakilan OPD di lingkup Pemprov Sumut.

Kaiman menjelaskan, terdapat empat program Diskominfo yang dapat disinkronkan para OPD sesuai bidang tugasnya. Yaitu Program Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik, Program Pengelolaan Aplikasi Informatika, Program Penyelenggaraan Statistik Sektoral dan Program Penyelenggaraan Persandian untuk Pengamanan Informasi.

“Kebersamaan kita dalam forum ini diharapkan dapat mendukung seluruh program dan kegiatan Diskominfo sehingga benar-benar dapat dirasakan masyarakat luas. Jangan ada kegiatan yang tidak terprogram dengan baik, sehingga terencana dan sesuai prioritas bidang masing-masing,“ harap Kaiman Turnip.

Ketua Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sumut Hendro Susanto mengapresiasi Diskominfo sebagai OPD yang terdepan yang melakukan penajaman RKPD tahun 2023, dan berharap agar seluruh program dan kegiatan yang direncanakan tersusun dengan paradigma yang sesuai.

“Diskominfo harus mempunyai program-program yang kreatif, inovatif, serta adaptif dengan perubahan RPJMD kita. Sehingga Diskominfo dapat menjadi bridge yang baik antara Pemerintah Daerah dan masyarakat,” ungkap Hendro.

Karena itu, Diskominfo diharapkan dapat mengawal capaian pembangunan Sumut hingga tahun keempat ini. Serta memberikan fibrasi-fibrasi sampai ke desa-desa. Seluruh masyarakat perlu tahu terobosan-terobosan pembangunan yang telah dilakukan oleh Gubernur dan Wakil Gubernur selama ini,” tambah Hendro.

Sementara itu, Sekretaris Bappeda Sumut Yosi Sukmono meminta agar Diskominfo dan seluruh OPD menyusun program dan kegiatan sesuai dengan tema Pembangunan Nasional tahun 2023 yang telah diselaraskan dengan seluruh Pemerintah Daerah, yaitu peningkatan produktivitas untuk transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

Yosi juga berharap agar Diskominfo menjadi leading sector yang solid dalam penyiapan data statistik sektoral media utama publikasi konten-konten hasil capaian pembangunan daerah.

Forum OPD merupakan amanat Permendagri Nomor 54 Tahun 2010, bahwa setiap OPD sesuai dengan tupoksinya masing-masing dapat menyinkronkan program dan kegiatan yang telah disusun dalam rancangan renja OPD dengan usulan dari berbagai pihak.**(DISKOMINFO SUMUT)

Berita Terkait

Indeks Berita

Polling

Apakah Dinas Komunikasi dan Informatika telah cukup memberikan informasi kepada publik
 Lumayan
 Kurang
 Sangat Bagus

Video

Afifi Lubis Tutup Pelatihan Kepemimpinan Administrator dan Pengawas

Tag

Statistik

Hari Ini : 278
Kemarin : 753
Minggu ini : 3,312
Bulan ini : 85,851
Total : 7,980,788
Hits Count : 2,168
Now Online : 16 User