Dampingi Menko Marves di TSTH, Gubernur Edy Rahmayadi Dukung Pengembangan Tanaman Herbal di Sumut

01 September 2021 22:33:00 WIB
Dampingi Menko Marves di TSTH, Gubernur Edy Rahmayadi Dukung Pengembangan Tanaman Herbal di Sumut

HUMBAHAS

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mendampingi Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Republik Indonesia Luhut Binsar Pandjaitan meninjau pembangunan Taman Sains dan Teknologi Herbal (TSTH) di Desa Aek Nauli, Kecamatan Pollung, Humbang Hasundutan (Humbahas), Rabu (1/9).

Gubernur Edy Rahmayadi mendukung pengembangan tanaman herbal ada di Sumut. Menurutnya tanaman herbal sangat bermanfaat bagi seluruh masyarakat. Selain manfaat kesehatan, manfaat ekonomi juga akan didapatkan masyarakat, apabila pengembangan herbal tersebut berhasil.

"Menurut saya, tanaman herbal ini cocok dikembangkan di Sumut, mengingat Sumut juga memiliki potensi besar dalam pengembangan bermacam tanaman, " kata Gubernur.

Namun, kata Gubernur, untuk mewujudkan itu perlu dukungan setiap pihak. Mulai dari pusat hingga daerah. "Untuk mewujudkan ini, tentu memerlukan dukungan penuh dari setiap pihak, " kata Gubernur.

TSTH berfungsi sebagai tempat budidaya dan pengembangan tanaman herbal. Selain itu, TSTH juga menyediakan bibit unggul hingga pemberdayaan petani lokal. Saat ini persiapan pembangunan TSTH sudah memasuki proses land clearing atau pembersihan lahan seluas 200ha.

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, TSTH dilaksanakan oleh berbagai universitas ternama mulai dari Institut Teknologi Del, Universitas Sumatera Utara, Universitas Indonesia, Universitas Gajah Mada, dan Institut Pertanian Bogor. "Kita lihat tadi sudah (proses) masuk land clearing, persiapannya sudah kita lihat bagus, " kata Luhut.

Luhut menargetkan bulan Oktober akhir atau November sudah memasuki proses groundbreaking pembangunan TSTH. Apabila program TSTH berhasil, Sumut akan menjadi percontohan tempat pengembangan tanaman herbal. "Semua sudah bagus, kalau pertanian ini nanti jalan, akan di copy tempat lain, " ungkap Luhut.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Wamen Lingkungan Hidup dan Kehutanan Alue Dohong, Kapolda Sumut RZ Panca Putra Simanjuntak, Kasdam I/BB Didied Pramudito, dan Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor.** (H17/DISKOMINFO SUMUT).

Berita Terkait

Indeks Berita

Polling

Apakah Dinas Komunikasi dan Informatika telah cukup memberikan informasi kepada publik
 Lumayan
 Kurang
 Sangat Bagus

Video

Gubernur Edy Rahmayadi Harapkan Peningkatan Produktivitas Padi

Tag

Statistik

Hari Ini : 782
Kemarin : 976
Minggu ini : 2,861
Bulan ini : 161,651
Total : 6,939,782
Hits Count : 4,355
Now Online : 12 User