Diberangkatkan ke Luar Negeri, Wagub Sumut Apresiasi Lulusan Institut Kesehatan Deli Husada dan Medistra

04 Agustus 2021 21:44:23 WIB
Diberangkatkan ke Luar Negeri, Wagub Sumut Apresiasi Lulusan Institut Kesehatan Deli Husada dan Medistra

DELISERDANG

Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah menepungtawari tenaga kesehatan lulusan Institut Kesehatan Deli Husada Delitua dan Institut Kesehatan Medistra Lubuk Pakam yang akan berangkat ke Jepang dan Arab Saudi, di Auditorium Institut Kesehatan Deli Husada Delitua, Deliserdang, Rabu (4/8).

Musa Rajekshah yang akrab disapa Ijeck mengapresiasi lulusan Institut Kesehatan Deli Husada dan Institut Kesehatan Medistra yang akan berangkat ke Jepang dan Arab Saudi. Menurutnya, para alumni yang berangkat dianggap sudah memiliki kualifikasi yang baik.

“Kita berterima kasih kepada Institut Kesehatan Deli Husada dan Institut Kesehatan Medistra dalam mendidik anak-anak kita, diakui dan dipercayai oleh negara sahabat, Jepang, Arab Saudi dan juga Jerman untuk menerima tenaga kerja. Artinya kemampuannya sudah cukup baik, tak hanya Indonesia, negara luar mau menerima tenaga kerja kita. Ini salah satu apresiasi kita juga,” jelas Ijeck dalam kata sambutannya.

Ijeck berharap, para tenaga kesehatan yang akan berangkat ke Jepang, harus memanfaatkan kesempatan dengan baik dan nanti sekembalinya dari Jepang bisa memberikan sumbangsih pengalaman dan keilmuannya untuk Sumut.

Dirinya menambahkan, para alumni yang diberangkatkan ke Jepang harus ikut serta menjaga nama baik negara selama bekerja di perantauan. “Kita tahu Jepang adalah negara yang disiplin, tak mudah menerima tenaga kerja, bekerjalah dengan baik. Sebagai warga negara Indonesia, tetap jaga nama baik bangsa,” ujar Ijeck.

Johannes Sembiring, Rektor Institut Kesehatan Deli Husada menjelaskan, pemberangkatan tenaga kesehatan lulusan Institut Kesehatan Deli Husada Delitua dan Institut Kesehatan Medistra Lubuk Pakam sudah dilaksanakan sejak tahun 2008. Pada tahun ini, sebanyak 81 orang yang akan berangkat dengan pembagian, 73 orang diberangkatkan ke Jepang dan 9 orang diberangkatkan ke Arab Saudi.

“Kita berangkatkan sejak tahun 2008 ke Jepang. Untuk tahun ini kita berangkatkan 73 orang ke Jepang, 9 orang ke Arab Saudi dan kemarin 1 orang sudah berangkat ke Jerman, lulusan akademi kebidanan kita. Dan tentunya di Jepang saat ini sudah ada 600-700 orang alumni kita karena sudah lama diberangkatkan,” jelas Johannes.

Konsul Jenderal Jepang Takonai Susumu dalam kata sambutannya mengapresiasi Institut Kesehatan Deli Husada dan Institut Kesehatan Medistra yang telah mengirim lulusannya untuk bekerja di Jepang. "Saya terima kasih dan apresiasi kepada Institut Kesehatan Deli Husada karena sekarang kami, Indonesia dan Jepang sedang dalam masa sulit karena Covid. Indonesia juga membutuhkan perawat. Sedangkan Jepang juga membutuhkan. Saya merasa terima kasih kepada Indonesia telah mengirimkan perawat ke Jepang," pungkas Takonai.

Hadir dalam acara tepung tawar di antaranya Anggota DPRD Deliserdang Thomas Darwin Sembiring, Kepala Lembaga Layanan Dikti Wilayah I Sumut Ibnu Hajar, Kepala UPT Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia, Kepala BPBD Sumut Abdul Haris Lubis, Rektor Institut Kesehatan Medistra Lubuk Pakam Ns Rahmad Gurusinga, Direktur Rumah Sakit Umum Sembiring Delitua, dan Dan Yon Armed 2/105 Letkol Hendrik Setiawan. **(H19/DISKOMINFO SUMUT)

Berita Terkait

Indeks Berita

Polling

Apakah Dinas Komunikasi dan Informatika telah cukup memberikan informasi kepada publik
 Lumayan
 Kurang
 Sangat Bagus

Video

Presiden Jokowi : BOR di Sumut Sudah Bagus

Tag

Statistik

Hari Ini : 13
Kemarin : 654
Minggu ini : 4,615
Bulan ini : 134,029
Total : 6,780,258
Hits Count : 23
Now Online : 11 User