Diskominfo Sumut Gelar Rakor Statistik Sektoral 2021

17 Maret 2021 23:19:50 WIB
Diskominfo Sumut Gelar Rakor Statistik Sektoral 2021

MEDAN

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Sumatera Utara (Sumut) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) dan Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral Provinsi Sumut Tahun 2021, di Aula Transparansi Diskominfo Sumut, Jalan HM Said Medan, Rabu (17/3). Rakor diikuti Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut dan para Kepala Diskominfo Kabupaten/Kota.

Dalam Rakor yang berlangsung dua sesi tersebut, Kepala Diskominfo Sumut Irman Oemar menyampaikan, kalau dulu disebutkan bahwa siapa yang menguasai informasi dan komunikasi maka dialah yang akan menguasai dunia. “Tapi saat ini sudah berubah, siapa yang menguasai data dialah yang terpenting, khususnya di tengah pandemi Covid-19 ini,” kata Irman.

Untuk itulah, Irman mengajak semua peserta Rakor Statistik Sektoral untuk tetap semangat dalam menyajikan data statistik sektoral yang valid. “Harapan saya kita semua meskipun ada berbagai hambatan dalam data statistik sektoral ini, tetaplah jangan menyerah,” ujar Irman.

Sebelumnya, Rakor dibuka oleh Kepala Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik Diskominfo Sumut Abdul Aziz Batubara. Rakor ini juga menghadirkan dua narasumber yakni Ir Masta Juwita Gurning MM merupakan Fungsional Statistik Madya Badan Pusat Statistik (BPS) Sumut serta Friendly ST MT merupakan Dosen Politeknik Negeri Medan.

Dalam kata sambutannya, Abdul Aziz menyampaikan, tujuan digelarnya Rakor adalah untuk memperkuat sinergi terkait akselerasi dan persepsi data Pemprov Sumut guna memvalidkan data dari setiap OPD. Dimana nantinya, data tersebut akan diolah, dianalisis, kemudian dihimpun kedalam Buku Data Statistik Sektoral Provinsi Sumatera Utara Tahun 2021.

Selain Itu, ia juga menjelaskan fungsi Diskominfo Sumut berdasarkan Pergub Sumut Nomor 56 Tahun 2018 sebagai walidata daerah yang menjadi pusat penyebarluasan data tingkat daerah. Hal tersebut bermakna bahwa Diskominfo Sumut berperan penting dalam meningkatkan dan mengembangkan kualitas data dan informasi, namun untuk mencapai hal tersebut, dibutuhkan koordinasi dan sinergitas yang baik antar-OPD untuk mencapai kesepakatan guna menyukseskan visi misi Sumut Bermartabat.

Sebelumnya, Diskominfo Sumut telah menyediakan sistem aplikasi pengelolaan statistik sektoral yang bisa diakses melalui situs Http://Statistiksektoral.Diskominfosumutpro.go.id. Namun, dalam realisasi penggunaannya, beberapa OPD masih belum maksimal dalam memasukkan data OPD.

Guna memaksimalkan input data statistik sektoral maka Diskominfo Sumut menggelar Rakor yang diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada setiap OPD untuk lebih baik dalam menyajikan dan memasukkan data OPD.

Pada kesempatan itu, Masta Juwita Gurning menyampaikan materi tentang kompilasi produk administrasi. Dikatakannya, ada beberapa masalah yang selama ini dihadapi dalam data statistik sektoral, pertama adalah beda data statistik antarinstansi, kedua perbedaan data geopasial antarinstansi dan ketiga adalah sulitnya mencari data pemerintah. “Untuk itu, maka kita perlu melakukan tata kelola data statistik sektoral dengan prinsip satu data,” ujar Masta.

Sementara Friendly memaparkan materi tentang teknis sistem pengelolaan data statistik sektoral. Dikatakannya, baik masing-masing OPD di jajaran Pemprov Sumut maupun Dinas Kominfo dari 33 kabupaten/kota di Sumut dapat melakukan input data statistik sektoral melalui aplikasi statistik sektoral yang sudah dibuat Dinas Kominfo Sumut yakni aplikasi Http://Statistiksektoral.Diskominfosumutpro.go.id. **(H22/DISKOMINFO SUMUT)

Berita Terkait

Indeks Berita

Polling

Apakah Dinas Komunikasi dan Informatika telah cukup memberikan informasi kepada publik
 Lumayan
 Kurang
 Sangat Bagus

Video

F1 PowerBoat Danau Toba, Indonesia 2-3 Maret 2024

Tag

Statistik

Hari Ini : 885
Kemarin : 0
Minggu ini : 889
Bulan ini : 139,836
Total : 12,407,933
Hits Count : 3,991
Now Online : 37 User