Sumut Dukung Swasembada Daging, Mentan RI Luncurkan SIKOMANDAN di Sergai

21 Februari 2020 07:56:53 WIB
Sumut Dukung Swasembada Daging, Mentan RI Luncurkan SIKOMANDAN di Sergai

SERGAI

Sektor pertanian dan peternakan merupakan prioritas dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut). Berbagai upaya dan program dilakukan untuk memajukan kedua bidang tersebut sehingga terwujud swasembada pangan tidak hanya di Sumut tetapi juga di Indonesia.

Hal ini diungkapkan Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumut R Sabrina saat mendampingi Menteri Pertanian (Mentan) RI Syahrul Yasin Limpo dalam acara Peluncuran Program SIKOMANDAN atau Sapi Kerbau Komoditas Andalan Negeri serta panen pedet, Kamis (20/2) di halaman Masjid Agung Serdang Bedagai Desa Firdaus Kecamatan Sei Rampah Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai).

"Kami ucapkan selamat datang kepada Bapak Menteri dan apresiasi kepada Pemerintah Daerah Serdang Bedagai. Panen pedet di Serdang Bedagai hari ini merupakan salah satu dukungan Sumut untuk mewujudkan swasembada sapi seperti yang ditargetkan oleh Presiden Joko Widodo untuk dapat dicapai pada tahun 2026 mendatang," ujar Sabrina.

Adapun langkah-langkah untuk mewujudkan kemandirian dalam pemenuhan pangan asal ternak dan peningkatan kesejahteraan petani/peternak di Sumut, kata Sabrina antara lain memotivasi para petani dan peternak untuk terus berinovasi. Kemudian untuk memenuhi kebutuhan pangan ternak telah dilakukan upaya peningkatan populasi dan produktivitas ternak melalui program antara lain optimalisasi bereproduksi pada ternak sapi dan kerbau melalui kegiatan inseminasi buatan.

"Selain itu, juga dibantu dengan akses pembiayaan bagi pelaku usaha peternakan, perlindungan dan pemberdayaan petani, perbaikan infrastruktur peternakan dalam rangka meningkatkan populasi dan produktivitas ternak melalui program SIWAB atau Sapi Indukan Wajib Bunting yang sudah dimulai sejak tahun 2017," papar Sabrina.

Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo mengaku bahagia dan gembira datang ke Sumut khususnya Sergai. Katanya, panen seribuan pedet dan meluncurkan program SIKOMANDAN di Sergai seperti memberikan energi dan semangat untuknya melakukan tugas di masa depan sebagai menteri pertanian.

"Apresiasi untuk Bapak Bupati Serdang Bedagai dan Pemerintah Provinsi Sumut, yang memiliki semangat membangun dan memanfaatkan kekayaan daerah. Tidak ada orang di dunia yang tidak membutuhkan pertanian. Tidak ada orang di dunia yang tidak membutuhkan makanan. Serdang Bedagai, di Sumut adalah pilar bagian dari Indonesia. Bagian dari kekuatan bangsa dan kekuatan itu adalah kekuatan pertaniannya," tutur Syahrul.

Sebelumnya, Bupati Sergai Soekirman juga mengucapkan rasa bangga atas kehadiran Mentan RI Syahrul di daerahnya, sekaligus rasa bangga lantaran Sergai mampu menjadi daerah yang memberi kontribusi pada program-program pusat. Selain ternak, juga banyak sektor potensial lainnya yang diyakini Soekirman dikembangkan di wilayah yang ia pimpin tersebut.

"Sergai adalah daerah agraris dengan banyak perkebunan dan persawahan. Penghasil kecambah sawit yang diekspor hingga ke luar negeri, membudidayakan tanaman Sorgum yang bisa dijadikan pakan bernutrisi bagi sapi dan kambing, irigasi luas, mengembangkan wisata tani, dan lainnya," jelas Soekirman.

Usai peluncuran SIKOMANDAN, Mentan bersama Sekdaprov Sabrina beserta Bupati Sergai Soekirman melihat-lihat pedet yang ada di sekitar lokasi. Kemudian dilakukan pula penyerahan bantuan kepada kelompok ternak modal usaha kredit usaha rakyat peternakan di Provinsi Sumatera Utara oleh Mentan RI.

Adapun peluncuran dan panen pedet yang digelar di Kabupaten Sergai diikuti Kabupaten/Kota lainnya se Sumut seperti, Kabupaten Asahan, Kabupaten Batubara, Kabupaten Simalungun, Kabupaten Langkat dan Kota Binjai. Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Badan Karantina Ali Jamil, rombongan Kementerian Pertanian RI, unsur Forkopimda Sumut dan Sergai, OPD Pemprov Sumut dan Sergai, kelompok tani dan ternak.

Sambut Kedatangan

Sebelumnya, kedatangan Mentan Syahrul Yasin Limpo di Bandara Kualanamu, Deliserdang, Kamis (20/2) pagi disambut hangat Sekdaprov Sumut R Sabrina, didampingi Kepala Dinas Peternakan Sumut Azhar Harahap dan Kepala Dinas Perkebunan Sumut Herawati.

Saling bertukar salam dan sapa, Sabrina kemudian menyematkan ulos kepada Syahrul sebagai tanda ucapan selamat datang dan penghormatan. "Selamat datang Pak ke Sumatera Utara," ucap Sabrina.

Datang bersama Kepala Badan Karantina Pertanian (Barantan) Ali Jamil menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan yang ia terima. Berbalutkan ulos, Syahrul memasuki ruang VIP sembari menyapa dan melambaikan tangan kepada seluruh rombongan yang menyambut dirinya.

Syahrul kemudian menyempatkan diri berfoto bersama dan melanjutkan perjalanan bersama rombongan melaksanakan agenda kunjungan kerja (kunker). Turut hadir dalam menyambut rombongan Menteri Perdagangan RI yakni pejabat dan pegawai Balai Karantina Pertanian Kualanamu, unsur forkopimda Deliserdang serta sejumlah organisasi masyarakat kepemudaan.

Sumber : Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu

Berita Terkait

Indeks Berita

Polling

Apakah Dinas Komunikasi dan Informatika telah cukup memberikan informasi kepada publik
 Lumayan
 Kurang
 Sangat Bagus

Video

Fasilitas Cuci Tangan dari USAID untuk Masyarakat Medan

Tag

Statistik

Hari Ini : 199
Kemarin : 544
Minggu ini : 199
Bulan ini : 93,565
Total : 5,122,907
Hits Count : 670
Now Online : 8 User