Sabrina Ajak Masyarakat Sumut Isi Sensus Penduduk Online

17 Februari 2020 18:48:15 WIB
Sabrina Ajak Masyarakat Sumut Isi Sensus Penduduk Online

MEDAN

Sensus Penduduk Online 2020 sudah dimulai sejak, Sabtu (15/2). Untuk menyukseskannya, Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumut R Sabrina mengajak seluruh masyarakat Sumut agar berpartisipasi aktif untuk mengisi data sensus secara mandiri atau online.

Tidak hanya mengajak, pada kesempatan itu Sabrina mengisi langsung sensus pada laman sensus.bps.go.id di ruang kerjanya, lantai 9, Kantor Gubernur, Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30, Medan, Senin (17/2).

Menurut Sabrina, pengisian Sensus Penduduk secara mandiri sangat mudah dan efisien. Mari sukseskan Sensus Penduduk Online dengan cara mengisi data kependudukan di laman yang sudah disediakan, mari segera mungkin, pasti kita bisa karena pakai handphone pun juga bisa, kata Sabrina.

Sensus Penduduk, menurut Sabrina, akan membantu pemerintah dalam mengambil kebijakan secara optimal. Dengan hasil sensus, pemerintah bisa mengetahui setiap kondisi ataupun angka yang dibutuhkan bagi pemerintah, sehingga kebijakan tersebut tidak salah sasaran. Sensus ini kan untuk kepentingan kita bersama, tidak perlu waktu lama juga mengisinya, ujar Sabrina.

Sabrina juga mengapresiasi sistem Sensus Penduduk yang sudah online. Dengan sensus online, banyak yang dipermudah, mulai dari tenaga, waktu dan biaya. Sebenarnya saya pikir inilah gunanya teknologi, itu bisa membantu pekerjaan kita, sensus yang tidak online akan memakan banyak waktu, biaya dan tenaga, kata Sabrina.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumut Syech Suhaimi menyampaikan Sensus Penduduk 2020 dilakukan dengan 2 tahap. Tahap pertama, mulai tanggal 15  31 Maret 2020 dilakukan Sensus Penduduk secara mandiri secara online. Tahap kedua, bagi masyarakat yang tidak mengisi secara online, maka petugas BPS akan mendatangi masyarakat secara langsung.

Selain itu, pihaknya juga telah mengadakan sosialisasi di media, pemerintah daerah, hingga tingkat kecamatan. Suhaimi mengharapkan pada minggu kedua seluruh masyarakat sudah mengetahui mengenai sensus penduduk secara online.

Kita sudah memulai sensus penduduk secara online seluruh Indonesia, dalam dua hari ini masyarakat sudah merespons namun belum maksimal, kita harapkan di minggu ke dua sudah maksimal, ujar Suhaimi.

Adapun tata cara pengisian Sensus Penduduk Online, pertama masuk ke laman sensus.bps.go.id. Kemudian masukan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK). Lalu klik kotak kosong dan isikan captcha/kode, selanjutnya klik cek keberadaan. Selanjutnya buat kata sandi dan masuk. Selebihnya ikuti petunjuk yang ada dan jawab pertanyaan yang diberikan dengan jujur dan benar. Setelah mengisi klik tombol kirim.

Sumber : Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu

Berita Terkait

Indeks Berita

Polling

Apakah Dinas Komunikasi dan Informatika telah cukup memberikan informasi kepada publik
 Lumayan
 Kurang
 Sangat Bagus

Video

WEBINAR SUMUT MENGHADAPI NEW NORMAL

Tag

Statistik

Hari Ini : 477
Kemarin : 405
Minggu ini : 882
Bulan ini : 63,583
Total : 4,853,531
Hits Count : 2,719
Now Online : 7 User