Ikut Sukseskan Sensus Penduduk Online, Dinas Kominfo Sumut Yang Pertama dicoaching

17 Februari 2020 14:43:34 WIB
Ikut Sukseskan Sensus Penduduk Online,  Dinas Kominfo Sumut Yang Pertama dicoaching

MEDAN

Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Utara menjadi instansi pertama di Sumatera Utara yang mendapat coaching (panduan) pengisian Sensus Penduduk online oleh Badan Pusat Statistik Sumatera Utara. Diharapkan Dinas Kominfo memberikan getuk tular kepada masyarakat luas untuk secara mandiri mengisi data sensus penduduk online.

Hal itu disampaikan Kepala Bidang Integrasi Pengolahan Diseminasi Statistik BPS Sumut, Bob Setiabudi kepada Plt Dinas Kominfo HM.Ayub pada acara coaching dan penginputan langsung Sensus Penduduk Online bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan tenaga pendukung di Kantor Dinas Kominfo, Senin (17/02). Mudah-mudahan ini bisa menjadi getuk tular kepada yang lain, sehingga publik mengatahui bahwa pengisian sensus secara online itu mudah sekali, kata Bob.

Plt Kadis Kominfo Sumut HM Ayub mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan bentuk komitmen pihaknya mendukung dan mensukseskan Sensus Penduduk Tahun 2020. Selain itu, ujar Ayub, Pemprov Sumut melalui Dinas Kominfo juga memberikan dukungan lain dalam rangka mensukseskan penyelanggaraan Sensus Penduduk 2020. Diantaranya dengan ikut mensosialisasikan kegiatan Sensus Penduduk 2020 melalui berbagai media informasi.

Kegiatan dihadiri oleh seluruh ASN dan Tenaga Pendukung di lingkungan Dinas Kominfo tersebut berjalan lancar. Pihak BPS Sumut menjelaskan tahapan-tahapan sekaligus memandu pengisian data Sensus Penduduk. Proses penginputan data sama sekali tidak sulit. Sebelumnya kami sudah diingatkan untuk menyiapkan berkas atau data NIK, nomor kartu keluarga, buku nikah atau akta cerai bagi yang sudah bercerai. jadi tinggal menginput data-data yang diminta," ujar Munawar salah seorang staf Dinas Kominfo. Sensus Penduduk Tahun 2020 bertujuan untuk menyediakan data jumlah, komposisi, karakteristik penduduk Indonesia, dalam keperluan proyeksi penduduk, indikator SDGs, serta sebagai dasar dalam menetapkan perencanaan dan kebijakan pemerintah.

Sensus penduduk Tahun 2020 dilaksanakan dalam 2 (dua) periode, yaitu, Periode I (15 Februari  31 Maret 2020) adalah Sensus Penduduk Online (SP Online) dimana masyarakat dapat secara aktif menginput data data kependudukan secara mandiri melalui website sensus.bps.go.id. Selanjutnya Periode II ( 1 - 31 Juli 2020) Sensus Penduduk Wawancara (SP Wawancara), petugas sensus melakukan wawancara langsung kepada penduduk yang Belum melakukan SP Online.

Berita Terkait

Indeks Berita

Polling

Apakah Dinas Komunikasi dan Informatika telah cukup memberikan informasi kepada publik
 Lumayan
 Kurang
 Sangat Bagus

Video

UPDATE TERKINI PERKEMBANGAN COVID-19 DI SUMATERA UTARA - JUMAT, 03 JULI 2020

Tag

Statistik

Hari Ini : 45
Kemarin : 234
Minggu ini : 2,096
Bulan ini : 76,047
Total : 4,976,199
Hits Count : 650
Now Online : 6 User