Lantik Mabida dan Kwarda Pramuka Sumut, Budi Waseso Ajak Bangkitkan Pramuka

20 Desember 2019 11:55:10 WIB
 Lantik Mabida dan Kwarda Pramuka Sumut, Budi Waseso Ajak Bangkitkan Pramuka

MEDAN

Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka Budi Waseso melantik pengurus Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Gerakan Pramuka Sumatera Utara (Sumut) masa bakti 2019-2024, di pendopo Rumah Dinas Gubernur Sumut, Jalan Sudirman, Nomor 41 Medan, Kamis (19/12). Mabida yang dilantik adalah Gubernur Edy Rahmayadi sebagai Ketua, Wakil Gubernur (Wagub) Musa Rajekshah sebagai Ketua Harian dan Sekretaris Daerah (Sekda) R Sabrina sebagai Sekretaris.

Kemudian, dilakukan pula pelantikan Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Sumut Nurdin Lubis beserta pengurus oleh Ketua Mabida Sumut Edy Rahmayadi untuk masa bakti 2019-2024. Pelantikan disaksikan Ketua Kwarnas Budi Waseso. Diteruskan dengan pelantikan Lembaga Pemeriksaan Keuangan Gerakan Pramuka Sumut, Puslitbang dan Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pandega Sumut untuk masa bakti 2019-2024.

Selesai melakukan prosesi pelantikan, Budi Waseso mengajak seluruh pengurus dan anggota pramuka di Sumut untuk membangkitkan kembali semangat dan marwah Pramuka. Ketika memperoleh amanah sebagai Ketua Kwarnas, Budi mengaku kaget dengan banyaknya perbedaan kondisi pramuka saat ini dengan di masa lalu.

“Kalau sekarang anak kita diajak pramuka, banyak yang tidak minat. Padahal, dulu pramuka itu organisasi bergengsi. Malu kalau sampai tidak diterima jadi anggota Pramuka. Untuk itu, ayo sama-sama kita bangkitkan lagi semangat itu,” tuturnya.

Budi juga memberikan pujian kepada Gubernur Edy Rahmayadi, yang sangat bersemangat dalam membangkitkan pramuka di Sumut. Salah satunya, tekad Edy yang ingin mengembalikan fungsi aset perkemahan Sibolangit seperti di masa lalu. Dimana, di sana pernah diselenggarakan Jambore Nasional pada tahun 1977.

“Saya yakin dan percaya, Pramuka bisa bangkit di Sumut ini. Pramuka Sumut harus bisa jadi contoh untuk pramuka lainnya di Indonesia. Kemudian, sejalan dengan visi Presiden SDM Unggul, pramuka merupakan organisasi yang sangat berpengaruh menempa karakter dan mental generasi penerus bangsa,” jelas Budi.

Ketua Mabida Gerakan Pramuka Sumut Edy Rahmayadi menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ketua Kwarnas Budi Waseso yang bersedia meluangkan waktu untuk datang ke Medan menghadiri pelantikan. “Saya panggil beliau ini untuk datang ke Medan dan melantik kepengurusan ini, saking semangatnya saya untuk segera kepengurusan ini berjalan, serta pramuka hidup dan bangkit di Sumut ini,” ucap Edy yang disambut dengan tepuk tangan dari para undangan.

Salah satu langkah mengawali kebangkitan ini, kata Edy, telah dilakukan relokasi gedung Kwarda Pramuka Sumut yang semula di dekat Lapangan Benteng Medan, akan direncanakan dibangun kembali di Taman Cadika Johor. ”Kurang representatif gedung lama itu, kita bangun yang layak untuk mendukung aktivitas dan program pramuka. Kemudian, peruntukan tanah Sibolangit dari orang tua kita dulu untuk pramuka harus kita kembalikan,” katanya.

Sebelumnya, Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Sumut Nurdin Lubis juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ketua Kwarnas Budi Waseso dan Ketua Mabida Gerakan Pramuka Sumut Edy Rahmayadi, Sesuai arahan keduanya, Nurdin dan pengurus Kwarda Gerakan Pramuka Sumut akan berupaya melakukan yang terbaik untuk membangkitkan pramuka di Sumut. Dalam waktu dekat, akan dilakukan musda akhir Desember dan jambore pada tahun 2020.

Pelantikan berlangsung lancar dan khidmat. Sejumlah OPD di lingkungan Pemprov Sumut turut dilantik menjadi pengurus. Saat itu, Gubernur Edy juga menerima penghargaan lencana darma bakti yang disematkan langsung oleh Ketua Kwarnas Budi Waseso. Sedangkan Sekda Sabrina menerima lencana pancawarsa empat.

Turut hadir Ketua TP PKK Sumut Nawal Edy Rahmayadi dan Wakil Ketua TP PKK Sumut Sri Ayu Mihari Musa Rajekshah, unsur Forkopimda Sumut, OPD di lingkungan Pemprov Sumut, ketua kwartir cabang kabupaten/kota, dan anggota pramuka.

Sumber : Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu

 

Berita Terkait

Indeks Berita

Polling

Apakah Dinas Komunikasi dan Informatika telah cukup memberikan informasi kepada publik
 Lumayan
 Kurang
 Sangat Bagus

Video

SENSUS PENDUDUK 2020 PROVINSI SUMATERA UTARA

Tag

Statistik

Hari Ini : 328
Kemarin : 327
Minggu ini : 1,650
Bulan ini : 13,062
Total : 4,526,247
Hits Count : 2,409
Now Online : 5 User