Apa dan Kenapa Kampung KB dan Keterkaitannya Dengan Diseminasi Informasi

19 November 2019 23:21:30 WIB
Apa dan Kenapa Kampung KB dan Keterkaitannya Dengan Diseminasi Informasi

MEDAN

Adalah Kesatuan wilayah setingkat Desa/Kelurahan/Dusun/RW dengan kriteria tertentu dimana terdapat di dalamnya program KKBPK (Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga) yang ditangani terintegrasi dengan program lintas sektor lainnya. Artinya kampung tersebut menggambarkan suatu komunitas pemukiman yang mana penduduknya dengan kesadaran penuh telah mampu berpandangan kedepan dalam merencanakan suatu keluarga untuk mencapai Peluang Bonus Demografi yang ditandai dengan Tersedianya Sumber Daya Manusia Yang Besar, Tersedianya Tenaga Kerja Yang Besar, Tersedianya Peluang Kerja Lebih Besar Bagi Perempuan, Serta Tersedianya Investasi Besar Dari Tabungan Masyarakat.
Perencanaan keluarga ini bisa dimulai dengan merencanakan usia pernikahan di atas 21 tahun untuk wanita dan 25 tahun untuk pria.

Perempuan di atas 21 tahun diharapkan lebih siap untuk menjadi seorang istri dan ibu setelah mampu menyelesaikan pendidikannya atau bahkan memasuki dunia kerja. Secara psikologis bisa lebih dewasa dalam menghadapi persoalan keluarga.

Begitu juga halnya dengan pria...di usia 25 tahun ke atas tentulah sudah selesai dengan pendidikannya dan bekerja sehingga punya penghasilan untuk menafkahi sebuah keluarga.

Pemahaman akan arti Keluarga Berencana tidak terbatas pada penggunaan alat kontrasepsi saja, akan tetapi lebih jauh lagi adalah menyusun konsep sebuah pembangunan keluarga yang berkualitas dan sejahtera dengan perencanaan yang matang sejak dini. Misalnya dengan pembatasan jumlah anak hanya 2 saja dengan mengatur jarak kelahiran dan pola asuh yang tepat atas 1000 hari usia anak ( Mencegah Stunting) sehingga tumbuh menjadi anak yang sehat dan cerdas.

Tujuan Kampung KB adalah meningkatkan kualitas hidup masyarakatnya yang dengan program KKBPK yang ditangani terintegrasi lintas sektor lewat program kerja Instansi Pemerintah, Swasta dan Masyarakat.

Kenapa program ini digerakkan dari desa/Kelurahan ?
Desa/Kelurahan merupakan komunitas atau tempat berkumpulnya orang-orang (penduduk) dengan segala aktifitasnya dalam skala kecil. Desa/Kelurahan yang merupakan bagian dari wilayah kecamatan menggambarkan bagaimana kondisi suatu daerah. Memulai suatu program di dalam wilayah yang kecil tentu akan jauh lebih memudahkan jika dibandingkan dengan dalam wilayah yang besar. Mulai dari pendataan, menginventarisir permasalahan, penetapan solusi hingga pada pembiayaan akan jauh lebih mudah dan sedikit. Oleh karena itulah maka desa/kelurahan dijadikan akar pelaksanaan pembangun segala sektor.

Pengguliran Dana Desa hingga mencapai 1 Miliar per desa membuktikan keseriusan pemerintah dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan dilaksanakan dari bawah ( Bottom up). Bagaimanapun tidak dapat dipungkuri bahwa yang paling tahu apa yang prioritas mereka butuhkan adalah masyarakat itu sendiri.

Lantas keterkaitannya dengan diseminasi informasi dimana?
Suksesnya suatu program tentu tidak terlepas dari tersebar luasnya informasi tentang program tersebut. Pemberitaan yang intens tentang keberadaan dan program Kampung KB lewat media yang ada tentu akan memudahkan masyarakat memahami apa itu Kampung KB. Diseminasi informasi bisa dilakukan dengan menggunakan media elektronik seperti radio atau televisi, maupun lewat media sosial seperti Twitter, Instagram, FB dan WA. Tapi akan jauh lebih efektif jika dilakukan dengan media tatap muka seperti Media Pertunjukan Rakyat dan Kelompok.Informasi Masyarakat (KIM), karena kedua Media Komunikasi ini basisnya ada di desa dan masih diminati masyarakat sebagai sarana hiburan juga.(Dra. Efi Zarnita, M.Si).

Berita Terkait

Indeks Berita

Polling

Apakah Dinas Komunikasi dan Informatika telah cukup memberikan informasi kepada publik
 Lumayan
 Kurang
 Sangat Bagus

Video

SAIL NIAS 2019 PROVINSI SUMATERA UTARA

Tag

Statistik

Hari Ini : 74
Kemarin : 188
Minggu ini : 1,040
Bulan ini : 139,750
Total : 4,361,409
Hits Count : 473
Now Online : 5 User