Sumatera Utara Tuan Rumah Pertikara Nasional untuk Kedua Kalinya

15 November 2019 12:27:25 WIB
Sumatera Utara Tuan Rumah Pertikara Nasional untuk Kedua Kalinya

Medan

Sumatera Utara menjadi tuan rumah Perkemahan Bakti Saka Bhayangkara (Pertikara) Nasional pada tahun 2020 dengan tema Pramuka Promoter Pengabdian Masyarakat. Pertikara ialah perkemahan yang diikuti oleh anggota Saka Bhayangkara dalam rangka membaktikan diri kepada masyarakat yang diisi dengan kegiatan bakti Saka Bhayangkara.

Untuk persiapan Pertikara Nasional Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, Kepolisian Negara RI Daerah Sumatera Utara dan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sumatera Utara menyelenggarakan rapat teknis mengenai rencana penyelenggaraan Pertikara Nasional tahun 2020 dan perbaikan fasilitas bumi perkemahan pramuka Sibolangit di ruang rapat Direktorat Binmas Polda Sumut, Kamis (14/11).

Rencana Program dan Kegiatan Pertikara Nasional 2020 ialah, General Activity, Job Creation, Community Service, Global Development Village, Tour De North Sumatra, Rover Challenge, Bhayangkara One Day Festival, dan Special Activity.

Hondawantri Naibaho Direktur Binmas Polda Sumut menyampaikan Pertikara Nasional Tahun 2019 direncanakan pada bulan Februari 2019 yang diikuti ± 3.565 orang. “ 2640 orang kontingen daerah se Indonesia, 825 orang kontingen cabang se Sumatera Utara dan 100 orang peserta luar negeri”.

Peserta registrasi secara online , aplikasi akan tersedia di Play Store dan App Store yang bisa digunakan di smartphone. Aplikasi Pertikara meliputi petunuk teknis kegiatan, sara anjangsana, catatan kegiatan, dan informasi kegiatan.
“Bukti identitas peserta memakai E-Card. E-Card sebagai akses bagi peserta dalam melakukan kegiatan dan mengambil konsumsi/natura serta bisa digunakan sebagai alat belaja elektronik, bayar parker dan wahana permainan” tambah Naibaho.

Kemudian Nurdin Lubis selaku ketua Kwarda Pramuka Sumut mengatakan Terpilih sebagai tuan rumah untuk kedua kalinya tentu menjadi kehormatan bagi Sumatera Utara. Pada penyelenggarakan Pertikara Nasional sebelumnya, Sumut pernah menjadi tuan rumah di tahun 1992.

“Pertama kali Sumatera Utara tuan rumah Pertikara Nasional pada tahun 1992, maka kita sebagai masyarakat Sumatera Utara tentu merasa sangat tehormat untuk kedua kalinya dipercaya sebagai tuan rumah setelah menunggu selama 27 tahun” ujar Nurdin.

Selanjutnya, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatera Utara Baharuddin Siagian berharap Pemprovsu, Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sumatera Utara dan Polda Sumut sama-sama bersinergi, sehingga Pertikara Nasional 2020 berjalan sukses dan mencapai sasaran yang diinginkan serta menjadi langkah awal kebangkitan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sumatera Utara menjadikan Pramuka Sumatera Utara bermartabat.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut perwakilan Organisasi Perangkat Daerah Sumatera Utara, perwakilan Lantamal 1 Belawan, Kodam 1 Bukit Barisan, Binmas Polda Sumut, perwakilan PTPN II/IV, perwakilan Basarnas, perwakilan kwarcab Medan, Deliserdang dan tamu undangan lainnya.

Berita Terkait

Indeks Berita

Polling

Apakah Dinas Komunikasi dan Informatika telah cukup memberikan informasi kepada publik
 Lumayan
 Kurang
 Sangat Bagus

Video

SAIL NIAS 2019 PROVINSI SUMATERA UTARA

Tag

Statistik

Hari Ini : 59
Kemarin : 188
Minggu ini : 1,025
Bulan ini : 139,735
Total : 4,361,280
Hits Count : 344
Now Online : 3 User