5 Pimpinan DPRD Sumut Dilantik, Gubernur Harapkan Terbangun Sinergi Wujudkan Sumut Bermartabat

29 Oktober 2019 07:10:17 WIB
5 Pimpinan DPRD Sumut Dilantik, Gubernur Harapkan Terbangun Sinergi Wujudkan Sumut Bermartabat

MEDAN

Sebanyak 5 pimpinan DPRD Sumatera Utara (Sumut) resmi dilantik, Senin (28/10), dalam Rapat Paripurna Istimewa di ruang rapat paripurna gedung dewan setempat, Jalan Imam Bonjol, Medan. Gubernur Sumut Edy Rahmayadi berharap pimpinan dewan yang baru dilantik dapat bersinergi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut dalam mewujudkan Sumut Bermartabat.

“Kepada Pimpinan DPRD yang baru saja diambil sumpahnya, mari sama-sama kita berperan aktif sembari bersinergi agar terbangun koordinasi yang semakin baik, sebagaimana yang telah terjalin selama ini, untuk mewujudkan Sumut Bermartabat,” ucap Gubernur dalam sambutannya.

Gubernur juga mengatakan, bahwa terpilihnya Pimpinan DPRD Sumut hari ini pasti telah melalui pertimbangan dengan seksama. “Tugas dan wewenang Pimpinan DPRD sangat strategis, saya sangat percaya bahwa partai politik telah melalui pertimbangan dengan seksama, melihat latarbelakang, pengalaman serta integritas mereka, sehingga pasti akan mampu dan cakap dalam mengemban tugas yang diberikan,” ujar Edy Rahmayadi.

Diketahui, sesuai ketentuan Pasal 33, Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, Kabupaten dan Kota, Pimpinan DPRD mempunyai tugas dan wewenang yang sangat startegis, antara lain memimpin rapat untuk pengambilan keputusan, mewakili DPRD dalam hubungan dengan lembaga atau instansi lain dan menyelenggarakan konsultasi dengan kepala daerah.

Terkait keinginan DPRD Sumut untuk mengirimkan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) saat rapat di dewan, Gubernur Edy mengatakan bahwa itu adalah keharusan untuk saling bersinergitas. “Permintaan ini datangnya dari rakyat lewat undang-undang dan peraturan yang berlaku, ini adalah bagian dari sinergitas, karena tanpa itu sistem yang telah dibentuk tidak akan pernah bisa berjalan, di negara ini ada eksekutif, legislatif dan yudikatif, yang satu sama lainya harus terhubung dengan baik,” tambah Edy Rahmayadi.

Prosesi pengambilan sumpah dipimpin Ketua Pengadilan Tinggi (PT) Medan Setyawan Hartono. Para pimpinan dewan yang dilantik adalah Baskami Ginting (PDI Perjuangan) sebagai Ketua DPRD Sumut, Harun Mustofa (Gerindra), Yashir Ridho Lubis (Golkar), Rahmansyah Sobarani (Nasdem) dan Salman Alfarisi (PKS) sebagai Wakil Ketua DPRD Sumut.

Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting menyatakan siap menjalankan tugas barunya. “Di dalam menjalankan tugas kita sebagai wakil rakyat dan agar apa yang dicita-citakan bersama dapat terwujud dengan baik, maka kita juga harus saling bersinergi satu dengan yang lainnya, serta melepaskan kepentingan pribadi dan golongan,” ucap Baskami.

Selanjutnya, Baskami juga berpesan agar Pemprov Sumut dapat bekerja sama sebagai mitra kerja dalam membangun Sumut. “Pada kesempatan ini, saya berharap Pemprov Sumut beserta jajaranya dapat bekerja sama sebagai mitra kerja dalam membangun Sumut, mewujudkan visi dan misi gubernur yaitu Sumatera Utara yang Maju, Aman dan Bermartabat,” ujar Baskami.

Sumber : Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu

Berita Terkait

Indeks Berita

Polling

Apakah Dinas Komunikasi dan Informatika telah cukup memberikan informasi kepada publik
 Lumayan
 Kurang
 Sangat Bagus

Video

SENSUS PENDUDUK 2020 PROVINSI SUMATERA UTARA

Tag

Statistik

Hari Ini : 226
Kemarin : 357
Minggu ini : 919
Bulan ini : 12,331
Total : 4,521,329
Hits Count : 2,642
Now Online : 6 User