Buka Musda IKA-Sekolah Kehutanan, Ijeck : Sedini Mungkin Kenalkan Anak Pada Alam

27 Oktober 2019 15:17:20 WIB
Buka Musda IKA-Sekolah Kehutanan, Ijeck : Sedini Mungkin Kenalkan Anak Pada Alam

MEDAN

Perkembangan teknologi, terutama ponsel dan permainan elektronik, membuat anak-anak semakin jauh dari alam bebas. Karena itu, Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah mengimbau agar para orang tua sedini mungkin mengenalkan anak pada alam.

Hal itu disampaikan Wagub saat membuka Musyawarah Daerah (Musda) Ikatan Alumni Sekolah Kehutanan Menengah Atas (IKA SKMA) Sumut, di Hotel Grand Antares, Jalan SM Raja Nomor 328 Medan, Sabtu (26/10).

"Andai dahulu orang tua saya tidak membawa saya saat masih kecil bermain ke hutan, mungkin hari ini saya tidak akan pernah tertarik pada alam, padahal banyak pelajaran yang bisa kita dapati dari mengenal alam, itu juga yang saya terapkan kepada anak-anak saya," ujar Musa Rajekshah yang akrab disapa Ijeck.

Ijeck juga menjelaskan bahwa kehidupan manusia sangat berkaitan erat dengan keberadaan hutan. "Untuk kehidupan kita butuh udara yang sehat, air yang bersih untuk dikonsumsi, itu semua ada di dalam hutan yang rimbun, tapi resapan air semakin berkurang karena wilayah hutan kita semakin tahun semakin berkurang," papar Ijeck.

Saat ini ada sekitar 260 alumni IKA SKMA Sumut, di Indonesia sendiri hanya ada lima Sekolah Kehutanan dan hanya satu yang berada di Pulau Sumatera, yakni di Pekanbaru. Untuk itu, Ijeck ingin bersinergi dengan para alumni untuk menyelamatkan keberadaan hutan.

"Nanti setelah Musda dan telah terbentuk pengurus baru, berilah kami masukan tentang apa yang menjadi permasalahan di Sumut tentang wilayah hutan, dan kami juga menerima masukan tentang bagaimana upaya untuk menyelamatkan satwa yang di hidup di hutan Sumut," harap Ijeck.

Abdul Khodir, Ketua IKA SKMA Sumut menyambut baik keinginan Wagub Sumut dengan akan membuat program kerja, yang bisa bersinergi dengan pemerintah provinsi. "Kita akan berupaya menghasilkan program kerja yang dapat memberikan kontribusi kepada sektor lingkungan dan masyarakat, kami berupaya tidak saja bermanfaat untuk organisasi, tetapi kita ingin keluar memberikam manfaat lebih untuk masyarakat dengan bersinergi dengan pemerintah," ucap Abdul.

Dari pelaksanaan kegiatan Musda ini, Abdul menaruh banyak harapan kepada pengurus baru, salah satunya adalah mampu menguatkan internal dan juga meningkatkan kekeluargaan antar alumni. "Harapannya dengan pengurusan yang baru nanti terjadi perubahan dan pembaharuan. Dengan tetap mempertahankan yang baik," tutup Abdul.

Turut hadir di acara tersebut Kepala Dinas Pendidikan Sumut Arsyad Lubis, Plt Kadis Kehutanan Sumut yang juga Pembina Ika SKMA Herawati, para pengurus dan anggota IKA SKMA Sumut, serta undangan lainnya.

Sumber : Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu

Berita Terkait

Indeks Berita

Polling

Apakah Dinas Komunikasi dan Informatika telah cukup memberikan informasi kepada publik
 Lumayan
 Kurang
 Sangat Bagus

Video

AYO PAKAI MASKER !!! SUMUT SEHAT SUMUT BERMARTABAT

Tag

Statistik

Hari Ini : 367
Kemarin : 555
Minggu ini : 2,131
Bulan ini : 95,497
Total : 5,132,699
Hits Count : 1,766
Now Online : 4 User