Sosialisasi Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik

18 Oktober 2019 16:44:43 WIB
Sosialisasi Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik

Medan,

Dalam rangka pelaksanaan program reformasi birokrasi di bidang penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) atau e-Government, Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Provinsi Sumatera Utara (Provsu) melaksanakan Sosialisasi Evaluasi SPBE dibuka oleh Plt. Kepala Dinas Kominfo Provsu H. M. Ayub, SE di Aula Transparansi Kominfo Provsu, Jumat (18/10).

Kegiatan Evaluasi SPBE dilaksanakan berdasarkan tindak lanjut Surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor: B/712/M.KT.03/2019, hal evaluasi SPBE tahun 2019, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara akan melaksanakan evaluasi mandiri penyelenggaraan SPBE tahun 2019.

“Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) merupakan proses penilaian terhadap pelaksanaan SPBE disetiap Instansi Pemerintah Daerah untuk menghasilkan suatu nilai Indeks SPBE yang menggambarkan tingkat kematangan (maturity level) dari pelaksanaan SPBE di Instansi Pemerintah Daerah. Agar penilaian ini dilaksanakan secara efektif dan obyektif, maka perlu disusun pedoman evaluasi yang dapat dipahami oleh semua pemangku kepentingan evaluasi SPBE”, ujar Plt. Kadis.

Ruang lingkup penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Instansi Pemerintah Daerah yang akan dievaluasi sedikitnya mencakup Tata Kelola SPBE, Layanan SPBE, dan Kebijakan SPBE. Pelaksanaan evaluasi dimulai tanggal 22 oktober sampai 23 oktober 2019.

“Kegiatan Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) tersebut dilaksanakan melalui metode Wawancara, yaitu evaluator menanyakan dan/atau melakukan klarifikasi kepada responden terhadap jawaban, penjelasan dan bukti pendukung yang diberikan. Kemudian metode Evaluasi dokumen, yaitu evaluator melakukan penilaian terhadap jawaban, penjelasan dan bukti pendukung yang diberikan oleh responden” ujar Franky Kepala Seksi Tata Kelola E-Government Kominfo Provsu.

Sebelum menutup acara Plt. Kadis Kominfo berharap Sumatera Utara mendapat nilai evaluasi yang lebih baik lagi dari tahun 2018. (IP)

Berita Terkait

Indeks Berita

Polling

Apakah Dinas Komunikasi dan Informatika telah cukup memberikan informasi kepada publik
 Lumayan
 Kurang
 Sangat Bagus

Video

SENSUS PENDUDUK 2020 PROVINSI SUMATERA UTARA

Tag

Statistik

Hari Ini : 10
Kemarin : 327
Minggu ini : 1,312
Bulan ini : 12,724
Total : 4,523,868
Hits Count : 30
Now Online : 6 User