DISKOMINFO PROVSU GELAR TECHNICAL MEETING LOMBA METRA PETUNRA

26 September 2019 15:03:09 WIB
DISKOMINFO PROVSU GELAR TECHNICAL MEETING  LOMBA METRA PETUNRA

Medan

Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Utara menggelar technical meeting terkait lomba Media Tradisional Pertunjukan Rakyat (Metra Petunra) Tingkat Sumatera Utara Tahun 2019, bertempat Aula transparansi Diskominfo Provsu, Kamis (26/9).

Plt. Kadis Kominfo Provsu dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Publik Gadis Melani Rusli, SH menyampaikan salah satu tujuan pelaksanaan Metra Petunra, untuk pelestarian media tradisional sebagai media tatap muka melalui kompetisi guna meningkatkan kompetensi kelompok media tradisional pertujukan rakyat. Tema yang di usung tahun ini adalah " Peran Media Tradisional Pertunjukan Rakyat Sebagai Saluran Komunikasi Tatap Muka Di Era 4.0 “.

“Media tradisional sebagai instrument difusi informasi memiliki kekuatan pada aspek penyajian, substansi pesan, bahasa dan gaya bahasa serta olah seninya sesuai dengan karakteristik masyarakat setempat”, ujar Plt. Kadis.

Untuk itu isu mengenai seni tradisional sebagai media diseminasi informasi publik perlu untuk diwacanakan dan dibangkitkan kembali. Disebabkan oleh realitas sosial dan sistem pemerintahan sekarang yang menuntut adanya transparansi dan keterbukaan sehingga membutuhkan kelancaran arus informasi dari pemerintah kepada masyarakat dan sebaliknya.

Plt. Kadis berharap pelaksanaan Metra Petunra ini memberikan pesan–pesan yang lebih membangun dan kreatif kepada masyarakat khususnya Sumatera Utara sehingga mendukung mewujudkan Provinsi yang berdaya saing menuju Sumut yang bermartabat dan siap menghadapi era 4.0.

Pada kesempatan tersebut menghadirkan dewan juri yang profesional dibidang pementasaan dan memenuhi kreteria oleh panitia, diantaranya Dr. Hj Hidayati M.Si, Seniman Budaya Yan Amarni Lubis.

Yan Armani mengatakan, Saat ini media mainstream dan media sosial mengalami krisis kepercayaan karena massifnya sebaran hoaks di dalamnya, maka masyarakat butuh media alternatif sebagai sumber informasi. Salah satu alternatif itu adalah media tradisional. keberadaan Metra Petunta sangat membantu pemerintah dalam mendesiminasikan informasi dengan cara tradisional. Metra Petunra selain menjadi tontonan juga diharapkan menjadi tuntutan bagi masyarakat lewat pesan-pesan yang dibawakannya.

“Walaupun sudah era modern, Metra Petunra bisa berperan mensosialisasikan program-program pembangunan, lewat seni tari, musik dan dialog”, Ujarnya.
Selanjutnya Dr. Hidayati, yang menyampaikan beberapa peraturan untuk para peserta lomba yakni pemahaman akan ilmu panggung dan pemahaman alur cerita. Beliau juga menambahkan selain penilaian tema yang diangkat saat perlombaan, olah vocal dan interpretasi juga menjadi nilai tambah bagi peserta apabila mengenakan pakaian tradisional daerah masing-masing selaian pakaian nasional (bebas).

Lomba Metra Petunra diikuti oleh 16 Kabupaten/Kota se Sumatera Utara akan digelar pada Rabu tanggal 02 Oktober 2019 bertempat Gelanggang Mahasiswa Universitas Sumatera Utara Medan. (IP)

Berita Terkait

Indeks Berita

Polling

Apakah Dinas Komunikasi dan Informatika telah cukup memberikan informasi kepada publik
 Lumayan
 Kurang
 Sangat Bagus

Video

SENSUS PENDUDUK 2020 PROVINSI SUMATERA UTARA

Tag

Statistik

Hari Ini : 119
Kemarin : 262
Minggu ini : 2,038
Bulan ini : 13,450
Total : 4,528,629
Hits Count : 851
Now Online : 8 User