Gubsu Ajak Semua Komponen Turut Lindungi Kelestarian Hutan

23 September 2019 15:55:21 WIB
Gubsu Ajak Semua Komponen Turut Lindungi Kelestarian Hutan

Medan

Menjalani Tahun 2019, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara akan terus berupaya menekan terjadinya gangguan terhadap kawasan hutan, terutama akibat perambahan, perubahan peruntukan kawasan hutan menjadi perkebunan, permukiman, kebakaran hutan dan lahan.

Hal tersebut dikatakan Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi pada pidato pengarahan melalui Kepala Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Provinsi Sumatera Utara (Provsu) Abdul Aziz, S.Sos, M.AP pada Apel Pagi di lingkungan Dinas Kominfo Provsu bertempat di halaman Kantor Dinas Kominfo Provsu Jalan H. M. Said Medan, Senin (23/09).

“Program lainnya yang juga prioritas untuk dilaksanakan adalah penyelesaian penguasaan tanah dalam kawasan hutan (program tanah obyek reforma agraria) sebagai tindak lanjut Peraturan Presiden Nomor 88 Tahun 2017” ujar Gubsu.

Edy Rahmayadi menyampaikan Provinsi Sumatera Utara memiliki luas ± 7.298.123 hektar memiliki kawasan hutan seluas ± 3.010.160,89 hektar atau ± 41,25 % dari total luas wilayah daratan Provinsi Sumatera Utara, terdiri dari fungsi kawasan hutan konservasi seluas ± 424.476,01 hektar, hutan lindung seluas ± 1.197.174,58 hektar dan hutan produksi seluas ± 1.388.510,31 hektar. “Kedudukan dan peran sumber daya hutan sangat erat kaitannya dengan isu strategis saat ini , seperti : isu Global Warming (pemanasan global), anomali iklim, penurunan keanekaragaman hayati dan krisis ketersediaan sumber air baku” tambahnya.

Pembangunan kehutanan di Provsu memiliki kedudukan yang strategis dalam mendukung keberhasilan pelaksanaan pembangunan daerah terutama yang terkait dengan kepastian penggunaan lahan dan penyediaan lapangan usaha ekonomi dalam mendukung pencapaian Sumatera Utara yang Bermartabat. Untuk itu kelestarian sumber daya hutan (sustainable forest management) menjadi sangat dibutuhkan dalam kerangka keberhasilan pembangunan yang berkelanjutan.

Maka diakhir arahannya, Edy rahmayadi mengajak semua pihak ikut berpartisipasi dan berperan aktif dalam upaya konservasi sumber daya hutan dan kelestarian kawasan hutan di Provinsi Sumatera Utara. (IP)

 

 

 

Berita Terkait

Indeks Berita

Polling

Apakah Dinas Komunikasi dan Informatika telah cukup memberikan informasi kepada publik
 Lumayan
 Kurang
 Sangat Bagus

Video

SENSUS PENDUDUK 2020 PROVINSI SUMATERA UTARA

Tag

Statistik

Hari Ini : 212
Kemarin : 380
Minggu ini : 1,219
Bulan ini : 14,756
Total : 4,537,148
Hits Count : 1,315
Now Online : 5 User