Resmikan Masjid Nurul Furqon, Wagub: Jangan Hanya Dirikan, tapi Dimakmurkan

22 September 2019 08:36:53 WIB
Resmikan Masjid Nurul Furqon, Wagub: Jangan Hanya Dirikan, tapi Dimakmurkan

BINJAI

Rampungnya pembangunan Masjid Nurul Furqon, di Kecamatan Binjai Utara, Binjai, patut disyukuri. Namun, jangan hanya mendirikan masjid, tapi yang terpenting adalah bagaimana memakmurkan masjid tersebut.

Hal ini disampaikan Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah saat meresmikan Masjid Nurul Furqon, Jumat (20/9). “Alhamdulilah di Kecamatan Binjai Utara ini bertambah lagi rumah ibadah, Masjid Nurul Furqon ini. Harapannya bukan hanya mendirikan masjid ini, tapi juga harus memakmurkan masjid,” ujar Wagub.

Memakmurkan masjid, kata Wagub, adalah tugas bersama seluruh umat Islam, khususnya yang tinggal di sekitaran masjid. “Bisa kita salat wajib berjamaah, pengajian-pengajian rutin, didik anak anak kita mengaji dari sekarang, mudah-mudahan mendatangkan hal yang baik bagi kampung kita,” ujar Musa Rajekshah yang akrab disapa Ijeck.

Melihat padatnya penduduk yang tinggal di sekitaran masjid, Ijeck optimis, Masjid Nurul Furqon akan ramai. “Mudah-mudahan dengan adanya rumah ibadah ini makin banyak umat Islam yang mau datang dan salat ke masjid. Mudah mudahan masjid ini makmur, maka makmur jugalah masyarakatnya ,” jelas Ijeck.

Ijeck juga mengapresiasi disain masjid yang memiliki banyak jendela. Sehingga pada siang hari masjid terlihat terang tanpa memerlukan lampu, sehingga menghemat energi.

Wagub juga mengatakan, walaupun masjid ini sudah bisa digunakan, namun belum sepenuhnya selesai. Untuk itu, bersama Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, ia mengajak masyarakat, juga seluruh tamu yang hadir untuk ikut menyumbang.

“Nanti juga kami akan lihat, secara pribadi Insya Allah kami akan bantu masjid ini. Kalau nanti dari pemerintah anggarannya ada dan sesuai dengan peraturan dan permohonan ada datang dari masjid, dievaluasi di internal pemerintah, akan ada juga bantuan sosial,” ujarnya.

Ketua BKM Masjid Nurul Furqon Sukiman menjelaskan, masjid yang tanah wakafnya berasal dari Jaiman Zoni ini butuh waktu lebih dari enam tahun agar masjid bisa berdiri. Pembangunan masjid seluas 242 M² tidak lepas dari bantuan seluruh masyarakat, baik dari jemaah, STM dan wirid pengajian.

Jaiman Zoni, dalam kata sambutannya, mengucapkan terima kasih kepada Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah telah bersedia hadir meresmikan masjid. “Terima kasih kepada Pak Wagub yang sudah meringankan langkah, ini menjadi cermin bagi kami,” ujar Jaiman.

Dijelaskan Jaiman, tergerak membangun masjid ini karena lokasi masjid merupakan kampung halamannya. “Ini kampung saya, saya besar di sini. Ketemu Pak Wagub di Rantau Prapat, kemudian kami berdiskusi, mari kita bergandengan tangan membangun Sumatera Utara. Inilah yang saya bisa berikan kepada kampung saya,” ujar Jaiman.

Usai meresmikan masjid, kegiatan kemudian dilanjutkan dengan Salat Jumat perdana. Hadir di antaranya Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Sumut Ismael Parenus Sinaga, Kepala Dinas Tenaga Kerja Sumut Harianto Butar-Butar, Ketua DPRD Kota Binjai Noorsri Alam Syahputra, Wakil Walikota Binjai Timbas Tarigan, OPD Pemko Binjai, tokoh agama dan masyarakat.

Sumber : Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu

Berita Terkait

Indeks Berita

Polling

Apakah Dinas Komunikasi dan Informatika telah cukup memberikan informasi kepada publik
 Lumayan
 Kurang
 Sangat Bagus

Video

UPDATE TERKINI PERKEMBANGAN COVID-19 DI SUMATERA UTARA - JUMAT, 03 JULI 2020

Tag

Statistik

Hari Ini : 55
Kemarin : 234
Minggu ini : 2,106
Bulan ini : 76,057
Total : 4,976,386
Hits Count : 837
Now Online : 5 User