Gubsu : Perencanaan Tepat, Percepat Realisasi Serapan Anggaran

17 September 2019 11:04:30 WIB
Gubsu : Perencanaan Tepat, Percepat Realisasi Serapan Anggaran

Medan


Kepala Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Provinsi Sumatera Utara (Provsu) Abdul Aziz, S.Sos, M.AP menjadi Pembina Upacara Hari Kesadaran Nasional di halaman Kantor Dinas Kominfo Provsu Jalan H. M. Said Medan, Senin (08/07).

Pidato pengarahan tertulis Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi yang dibacakan Kabid PKP Kominfo Provsu dalam upacara Hari Kesadaran Nasional ini. Menyampaikan hal-hal yang berkaitan dengan pengelolaan keuangan daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.
“Pertama sekali saya akan menyampaikan berkaitan dengan penyerapan anggaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pada tahun anggaran 2019 ini.

Berdasarkan data realisasi SP2D per tanggal 30 Agustus 2019, realisasi belanja secara keseluruhan belum sesuai yang diharapkan atau masih cukup rendah. Masih banyak program dan kegiatan yang direncanakan masih belum terlaksana dengan semestinya, sehingga kinerja Pemerintah Provinsi Sumatera Utara secara keseluruhan masih perlu ditingkatkan lagi dalam pelaksanaan program dan kegiatan”. Ujar Edy Rahmayadi.

Beliau mengatakan bahwa sampai dengan akhir Agustus 2019 yang lalu masih terdapat beberapa OPD yang jumlah serapan anggarannya masih dibawah 50%. “kita harus identifikasi permasalahannya, setelah mengidentifikasi masalah, maka kita akan mencari solusi tentang kurangnya serapan anggaran yang belum memenuhi target, jelasnya.

Menurut Edy Rahmayadi, penyerapan anggaran yang harus kita maksimalkan realisasinya dengan perencanaan yang tepat baik itu dari segi program, kegiatan dan dari segi laporan harus tepat dan baik dalam penyajiannya.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan semuanya berperan serta untuk melakukan pengawasan dan telaah terlebih dahulu atas laporan yang disusun. Dengan prinsip tata kelola yang transparan, akuntabel, bertanggungjawab, mandiri, bersih dan baik dapat kita capai bersama.
Selanjutnya Edy Rahmayadi mengajak seluruh jajaran OPD di Lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara agar segera mengupayakan peningkatan kinerjanya dalam pelaksanaan program dan kegiatan sehingga serapan anggaran sampai dengan akhir tahun anggaran 2019 ini dapat dicapai sesuai yang diharapkan.

Beliau juga mengimbau kepada seluruh OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara agar nantinya dalam melaksanakan seluruh program dan kegiatan yang telah direncanakan berdasarkan atas prinsip taat pada ketentuan peraturan perundang-undangan, tertib, efisiensi, efektif, tepat waktu serta bertanggungjawab sehingga perubahan APBD tahun anggaran 2019 dan APBD tahun anggaran 2020 dapat berjalan dengan baik. (IP)

Berita Terkait

Indeks Berita

Polling

Apakah Dinas Komunikasi dan Informatika telah cukup memberikan informasi kepada publik
 Lumayan
 Kurang
 Sangat Bagus

Video

SENSUS PENDUDUK 2020 PROVINSI SUMATERA UTARA

Tag

Statistik

Hari Ini : 116
Kemarin : 262
Minggu ini : 2,035
Bulan ini : 13,447
Total : 4,528,572
Hits Count : 794
Now Online : 7 User