Wujudkan Nias Daerah Wisata, Pemprov Sumut Segera Bantu Museum Pusaka Nias

03 September 2019 09:31:05 WIB
Wujudkan Nias Daerah Wisata, Pemprov Sumut Segera Bantu Museum Pusaka Nias

NIAS

Sebagai bentuk komitmen dan dukungan terhadap pengembangan Nias menjadi daerah wisata, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) segera memberikan bantuan pada Museum Pusaka Nias, di Jalan Yos Sudarso Nomor 134, Kelurahan Saombo Gunungsitoli, Nias.

Hal itu disampaikan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi saat mengunjungi Museum Pusaka Nias, Senin (2/9), di sela-sela Kunjungan Kerja Rapat Sail Nias 2019 bersama bupati dan walikota se-Kepulauan Nias, serta unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Nias.

Kedatangan Gubernur dan rombongan disambut tarian Same’e Afo (penerimaan sirih) yang maknanya, tari penghormatan pada tamu dengan pemberian sirih. Turut hadir Ketua Yayasan Pusaka Nias sekaligus pendiri Museum Pusaka Nias P Johanes M Hammerle OFMCap dan Direktur Museum Pusaka Nias P Nata ‘alui Duha.

Pada kesempatan itu, Edy Rahmayadi meminta Kadisbudpar Sumut Ria Novida Telaumbanua untuk memperhatikan Museum Pusaka Nias dengan menyalurkan bantuan untuk opersional dan memperindah kembali museum tersebut. “Segera ibu perhatikan museum ini. Bantuan ini merupakan bentuk perhatian dan dukungan Pemprov Sumut untuk menjadikan Nias daerah wisata,” ucap Edy, yang diiyakan Ria Telambanua.

Diketahui, Museum Pusaka Nias sudah berdiri sejak tahun 1995 dengan luas lahan 2 hektare. Pendiri museum yakni P Johanes M Hammerle OFMCap merupakan misionaris dari Jerman yang telah menetap selama 40 tahun di Nias.

Di lahan 2 hektare itu terpajang bebagai peninggalan sejarah yang ada di Nias, di antaranya kain tenun Nias yang umurnya ratusan tahun, miniatur, guci serta mata uang zaman kerajaan dahulu. Selain peninggalan sejarah, museum itu juga terdapat taman satwa yang berisi sejumlah satwa yang ada di Nias, seperti Burung Beo, Buaya Muara dan lainnya.

Sementara itu, Kadisbudpar Ria Telaumbanua yang dimintai keterangan menyatakan akan menindaklanjuti perintah Gubernur. Dikatakannya, bantuan ini merupakan upaya dalam menarik kunjungan wisatawan ke Nias.

“Kita memberikan bantuan untuk musium ini agar lebih maju lagi dan indah lagi. Karena ini juga merupakan daya tarik wisata, makanya Pemprov turut serta memberikan bantuan agar museum ini lebih maju lagi,” ucap Ria.

Turut hadir mendampingi Gubernur, di antaranya Kadispora Sumut Baharuddin Siagian, Kadisperindag Sumut Zonny Waldi, dan Kabiro Humas dan Keprotokolan Hendra Dermawan Siregar.

Sumber : Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu

Berita Terkait

Indeks Berita

Polling

Apakah Dinas Komunikasi dan Informatika telah cukup memberikan informasi kepada publik
 Lumayan
 Kurang
 Sangat Bagus

Video

SENSUS PENDUDUK 2020 PROVINSI SUMATERA UTARA

Tag

Statistik

Hari Ini : 221
Kemarin : 380
Minggu ini : 1,228
Bulan ini : 14,765
Total : 4,537,447
Hits Count : 1,614
Now Online : 8 User