Gubsu : Transportasi Sebagai Pendukung Pertumbuhan Ekonomi dan Mobilitas Masyarakat

26 Agustus 2019 15:39:38 WIB
Gubsu : Transportasi Sebagai Pendukung Pertumbuhan Ekonomi  dan Mobilitas Masyarakat

Medan - Transportasi berperan sebagai pemicu pertumbuhan ekonomi dalam suatu wilayah. Sistem transportasi yang baik akan mempersingkat waktu perjalanan yang berimplikasi pada efisiensi waktu dan biaya serta berdampak kepada  penurunan harga barang dan jasa. Transportasi juga merupakan unsur vital dalam kehidupan bangsa dan dalam memupuk kesatuan dan persatuan bangsa. Pembangunan di bidang transportasi sebagai pendukung pembangunan sektor lainnya dalam mewujudkan sasaran pembangunan nasional di seluruh wilayah baik di perkotaan maupun di perdesaan.

Hal tersebut dikatakan Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi pada pidato pengarahan melalui Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Provinsi Sumatera Utara (Provsu) H.M. Ayub, SE pada Apel Pagi di lingkungan Dinas Kominfo Provsu bertempat di halaman Kantor Dinas Kominfo Provsu Jalan H. M. Said Medan, Senin (26/08).

“Namun, kemacetan yang umum sekali terjadi di kota-kota besar seperti halnya kota Medan merupakan masalah klasik yang dihadapi oleh masyarakat pengguna jalan dan hal ini berpotensi menjadi penghambat pertumbuhan ekonomi” ujar Edy Rahmayadi.

Dibeberapa Negara antara lain Hongkong, Tokyo, singapura, London, Los Angeles bahkan Soul di Korea Selatan penggunaan kereta api sebagai sarana angkutan massal telah menuai sukses dalam mengatasi kemacetan yang ada. Angkutan kereta api merupakan moda angkutan darat yang pengembangannya demikian pesat saat ini untuk mengurai kemacetan yang terjadi di jalan raya.
Pemerintah Provinsi Sumatera Utara melalui dukungan Pemerintah Pusat telah memprogramkan pengembangan angkutan kereta api ringan yang akan dikembangkan dengan skema kerjasama pemerintah dengan badan usaha (KPBU).

Edy Rahmayadi menambahkan saat ini beberapa perusahaan swasta asing dari Korea, Cina, Rusia Dan Swiss telah berkunjung ke Sumatera Utara dan menyatakan ikut berpartisipasi dalam membangun infrastruktur kereta api di Sumatera Utara. “Oleh karena itu saya sangat berharap seluruh OPD terkait berperan aktif untuk percepatan proyek tersebut secara khusus dalam rangka penanganan permasalahan kemacetan lalu lintas serta untuk mendukung pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) tahun 2024” ujarnya.

Melalui pembangunan infrastruktur transportasi yang semakin baik kita harapkan dapat meningkatkan arus penumpang dan barang yang lebih efektif dan efisien, baik dari aspek mobilitas orang maupun barang yang ditandai tarif penumpang yang terjangkau dan harga komoditi barang yang kompetitif.

Diakhir arahannya Edy Rahmayadi berpesan kepada semua OPD terkait agar menjalin kerjasama yang baik dengan semua pihak untuk membantu penyediaan infrastruktur, bangun prinsip kerjasama yang saling menguntungkan dengan tetap menjaga martabat Pemerintah Provinsi Sumatera Utara. (IP)

Berita Terkait

Indeks Berita

Polling

Apakah Dinas Komunikasi dan Informatika telah cukup memberikan informasi kepada publik
 Lumayan
 Kurang
 Sangat Bagus

Video

SENSUS PENDUDUK 2020 PROVINSI SUMATERA UTARA

Tag

Statistik

Hari Ini : 141
Kemarin : 335
Minggu ini : 476
Bulan ini : 11,888
Total : 4,516,816
Hits Count : 1,519
Now Online : 9 User