Edy Rahmayadi : Tingkatkan dan Kembangan Pariwisata Sumut Dengan Unsur 3 A

20 Agustus 2019 08:52:12 WIB
Edy Rahmayadi : Tingkatkan dan Kembangan Pariwisata Sumut Dengan Unsur 3 A

Medan, Pengembangan pariwisata di Sumatera Utara perlu kiranya ditingkatkan, mengingat banyaknya tempat wisata yang potensial dan beragam dari segi keindahan, warisan budaya (heritage) kuliner, religi dan agro wisata. Sektor pariwisata Sumatera Utara berpotensi mendukung akselerasi perekonomian pengembangan destinasi wisata antara lain Danau Toba dan daerah lainnya di Sumatera Utara yang dapat mendorong peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara. Untuk mencapai target kunjungan satu juta wisatawan mancanegara dan menyumbang devisa bagi negara. Pemerintah akan membangun jalan tol (bebas hambatan) yang direncanakan menuju daerah wisata Danau Toba.Hal ini disampaikan Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi melalui Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Provinsi Sumatera Utara (Provsu) H. M. Ayub, SE pada apel pagi di halaman Kantor Dinas Kominfo Provsu yang diikuti Pejabat Struktural, Pejabat Pengawas, Staf dan Tenaga Pendukung, Senin (19/08).

“Pembangunan pariwisata daerah Sumatera Utara adalah untuk mewujudkan Sumatera Utara (Sumut) menjadi daerah tujuan wisata yang berbudaya berdaya saing” ujar Edy Rahmayadi.
Edy Rahmayadi menambahkan pada bulan september 2019 ini ada event besar yang akan dilaksanakan di Sumatera Utara yang bertaraf internasional yaitu sail nias. Sail nias ini bertema” Nias Menuju Gerbang Destinasi Wisata Dunia” yang menghadirkan 18 rangkaian kegiatan dan diselenggarakan di 5 Kabupaten/Kota sekepulauan Nias dan direncanakan dibuka langsung oleh Presiden RI Joko Widodo.

Selanjutnya Edy Rahmayadi menyampaikan untuk meningkatkan dan mengembangkan pariwisata Sumatera Utara dengan unsur 3 A (Atraksi, Amenitas dan Aksibilitas). “Kementerian pariwisata juga menetapkan Geopark Kaldera Danau Toba sebagai salah satu destinasi super prioritas di Indonesia dan diusulkan masuk kedalam UNESCO GLOBAL GEOPARK” ujarnya.

Menyikapi hal tersebut Pemerintah Provinsi Sumatera Utara terus bersinergi dengan Pemkab sekawasan Danau Toba, masyarakat dan stakeholder secara bersama-sama untuk mewujudkan Geopark Kaldera Danau Toba masuk ke dalam daftar UNESCO GLOBAL GEOPARK. Dengan masuknya Geopark Kaldera Toba ke dalam UNESCO GLOBAL GEOPARK akan lebih memudahkan dalam mempromosikan destinasi wisata Danau Toba bahkan hingga ke leval dunia sehingga meningkatkan jumlah wisatawan asing, mendorong peningkatan pendapatan masyarakat sekitar dan pendapatan asli daerah serta mewujudkan Sumatera Utara yang maju dan bermartabat.(IP)

Berita Terkait

Indeks Berita

Polling

Apakah Dinas Komunikasi dan Informatika telah cukup memberikan informasi kepada publik
 Lumayan
 Kurang
 Sangat Bagus

Video

Update Data Seputar Covid-19 Di Sumatera Utara - 31 Maret 2020

Tag

Statistik

Hari Ini : 86
Kemarin : 1,151
Minggu ini : 2,840
Bulan ini : 28,615
Total : 4,643,231
Hits Count : 569
Now Online : 6 User