Dinas Kominfo Provinsi Sumatera Utara Melaksankana Mimbar Agama Islam

28 Juni 2019 12:22:21 WIB
Dinas Kominfo Provinsi Sumatera Utara Melaksankana Mimbar Agama Islam

Dinas Kominfo Provinsi Sumatera Utara Melaksankana Mimbar Agama Islam dengan Topik " Pendidikan dan Ahlak Menata Kehidupan Manusia " studio TVRI Sumut, Jumat 28 Juni 2019.

Mimbar agama ini menghadirkan narasumber Al Ustadz DR. Syafii Susanto, MA. Beliau menjelaskan pengertian  akhlak secara bahasa merupakan bentuk jamak dari khulq yang artinya perangai, tabiat, budi pekerti, tingkah laku manusia. Sedangkan secara istilah akhlak merupakan kemampuan atau kondisi jiwa seseorang atau manusia. Akhlak merupakan jiwa maka akhlak merupakan sumber dari segala kegiatan yang dilakukan manusia.

Menurut ajaran agama Islam, akhlak merupakan puncak kesempurnaan dari diri manusia, sesuai dengan sebagaimana sabda Rasulullah Muhammad SAW yang mengatakan, "Agama adalah akhlaq yang baik" dan "Sebaik-baik manusia adalah  yang terbaik akhlaqnya".

Akhlak mulia manusia itu ada apabila manusia itu sudah bertaqwa kepada Allah SWT secara total. Tidak mungkin manusia itu berakhlak mulia jika belum bertaqwa kepada Allah SWT. Inplementasi dari ketaqwaan manusia kepada Allah SWT melahirkan akhlak mulia. Buah dari ketaqwaan kepada Allah SWT adalah akhlak mulia.

Jaman milenial saat ini Ustadz mengingatkan berpendidikan yang tinggi dalam arti bersekolah tinggi belum tentu mencerminkan akhlak yang baik tetapi perlu pemahaman dan  mengembangkan potensi dirinya untuk sepiritual keagamaan.   

Implementasi atau wujud nyata dari akhlak mulia itu apa bila manusia itu sudah mampu menahan hawa nafsu, memiliki rasa malu bila berperilaku tidak baik. Malu dan takut melakukan hal-hal yang tidak baik meskipun tidak ada seorang yang melihat perbuatan yang tidak baik itu dilakukan. Tegasnya, manusia yang memiliki akhlak mulia tidak akan melakukan tindak korupsi meskipun tidak ada manusia yang mengetahui dan melihatnya.


Berita Terkait

Indeks Berita

Polling

Apakah Dinas Komunikasi dan Informatika telah cukup memberikan informasi kepada publik
 Lumayan
 Kurang
 Sangat Bagus

Video

Sosialisasi Bagi Wartawan Dalam Meliput Covid-19 2 April 2020

Tag

Statistik

Hari Ini : 160
Kemarin : 1,189
Minggu ini : 4,102
Bulan ini : 29,878
Total : 4,648,454
Hits Count : 1,336
Now Online : 14 User