Miliki Potensi Wisata yang Baik, Nias Selatan Dipilih Jadi Tempat Pembukaan Sail Nias 2019

22 Mei 2019 09:25:40 WIB
Miliki Potensi Wisata yang Baik, Nias Selatan Dipilih Jadi Tempat Pembukaan Sail Nias 2019

Nias Selatan,

Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut) Musa Rajekshah memimpin rapat dengan jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nias Selatan guna memastikan kesiapan Nias Selatan sebagai tempat Opening Ceremony Sail Nias 2019, Selasa (21/5), di Ruang Rapat Kantor Bupati Nias Selatan, di Jalan Arah Sorake Km. 5 Desa Bawonahono, Teluk Dalam, Nias Selatan.

"Saya melihat Nias Selatan mempunyai potensi wisata yang baik, oleh karena itu saya menilai sangat layak menjadi tempat untuk pembukaan event bertaraf internasional Sail Nias 2019," ucap Wagub Musa Rajekshah.

Kemudian, untuk mendukung pengembangan dan peningkatan pendapatan UMKM bidang kuliner, Wagub akan mendorong sertifikasi halal pada beberapa tempat makan di Nias Selatan. "Akan ada sertifikasi halal di rumah rumah makan yang ada di Nias Selatan, lalu nanti kita juga akan pemberian kapal kepada para nelayan untuk mendukung acara Parade Kapal Nelayan, yang nantinya juga bisa digunakan untuk menambah penghasilan, lalu akan diupayakan terbentuknya koperasi nelayan," ujar Musa Rajekshah yang akrab disapa Ijeck.

Ijeck juga menyampaikan akan memberikan bantuan dana sebesar Rp 4 miliar untuk mempercantik dan melakukan pembenahan Pelabuhan Baru Teluk Dalam dalam rangka persiapan Sail Nias 2019. "Saya pahami akan keterbatasan kita dalam dana, untuk itu Pemprov akan alokasikan dana sebesar Rp 4 miliar," ungkapnya.

Untuk diketahui, nantinya akan ada banyak atraksi yang dilakukan di Nias Selatan, antara lain Kegiatan 1000 Tenda, Parade Kapal Nelayan Tradisional, Tarian Perang Kolosal yang diikuti sebanyak 700 orang penari, lalu juga ada Festival Lompat Batu yang akan diikuti 100 orang pelompat, lalu juga ditampilkan Tarian Fame Afo, Festival Budaya Kepulauan Batu, Demo Udara dan Terjun Payung, terakhir ada perlombaan Surfing International WSL Nias Pro 2019 untuk menyemarakan Sail Nias 2019.

Sebelumnya, Bupati Nias Selatan Hilarius Duha menyambut baik rangkaian kegiatan Sail Nias Tahun 2019. "Kegiatan ini sudah lama digaungkan, dan akhir 2018 diputuskan untuk dilaksakan di Kepulauan Nias," tuturnya

Hilarius juga menjelaskan, alokasi dana yang diberikan Pemprov Sumut nantinya akan digunakan untuk menambah beberapa fasilitas Pelabuhan Baru Teluk Dalam untuk menunjang kegiatan Nias Sail 2019.

Kepada masyarakat, khususnya masyarakat Nias Selatan, dia berpesan, agar turut menyukseskan penyelenggaraan Sail Nias tersebut. Diharapkan, dukungan semua pihak dan mengajak seluruh elemen masyarakat Kabupaten Nias Selatan untuk menjadi tuan rumah yang baik dengan menjaga suasana yang aman dan kondusif.

Dalam rapat tersebut, turut berhadir Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Baharuddin Siagian, Kepala Biro Pemerintahan Afifi Lubis, dan Kabag Humas Indah Dwi Kumala, Dandim 0213/Nias Letkol Inf Y Reymond RS Purba dan Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah Nias Selatan Ikhtiar Duha.

Sumber : Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu

Berita Terkait

Indeks Berita

Polling

Apakah Dinas Komunikasi dan Informatika telah cukup memberikan informasi kepada publik
 Lumayan
 Kurang
 Sangat Bagus

Video

F1 PowerBoat Danau Toba, Indonesia 2-3 Maret 2024

Tag

Statistik

Hari Ini : 945
Kemarin : 1,224
Minggu ini : 3,047
Bulan ini : 151,838
Total : 12,514,793
Hits Count : 3,417
Now Online : 19 User