Pemprovsu Sadar dan Peduli Terhadap HIV/AIDS

28 November 2018 18:07:32 WIB
Pemprovsu Sadar dan Peduli Terhadap HIV/AIDS

Medan,

Dalam rangka peringatan Hari AIDS Sedunia, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Provinsi Sumatera Utara (Provsu) menyelenggarakan Kegiatan Dialog Interaktif dengan mengangkat tema “Saya Berani, Saya Sehat” bertempat di Radio Republik Indonesia Madya Medan, Rabu (28/11).

Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS Daerah Provsu Drs. Ahmad Ramadhan, MA menyampaikan bahwa virus HIV/AIDS berasal dari cairan tubuh manusia, tetapi tidak semua cairan tubuh manusia berpotensi menularkan. Cairan yang berpotensi menularkan itu adalah darah, sperma, cairan vagina dan ASI. Selain itu, cairan yang tidak berpotensi adalah keringat, ludah dan air seni.

“Namun begitu, harusnya seseorang melakukan pemeriksaan darah di laboraturium agar mengetahui lebih lanjut dan mendapatkan pengobatan secara intensif,” ungkapnya.

Selanjutnya, Ahmad Ramadhan mengajak pada generasi muda untuk ikut serta dalam peringatan hari AIDS Sedunia pada tanggal 2 Desember 2018 di Jalan Pulau Pinang Medan, dimana pada acara tersebut setiap peserta yang hadir dapat melakukan pemeriksaan darah secara gratis.

Sementara itu, dr. Yulia, M.Kes dari Dinas Kesehatan Provsu mengatakan sering berganti pasangan dan jarum suntik narkoba dapat juga terkena virus HIV/AIDS. Maka, lakukan pemeriksaan lebih awal, untuk mendorong menjadi lebih baik.

“Kita sadar dan peduli akan adanya virus HIV/AIDS dengan cara pemeriksaan darah, sosialisasi ke Sekolah-sekolah dan Universitas serta bekerjasama dengan lembaga-lembaga dan instansi terkait untuk penanganan HIV/AIDS. (LIP)

Berita Terkait

Indeks Berita

Polling

Apakah Dinas Komunikasi dan Informatika telah cukup memberikan informasi kepada publik
 Lumayan
 Kurang
 Sangat Bagus

Video

Pemprovsu Terus Tingkatkan Pertumbuhan Desa Dengan Bangdes-Madu

Tag

Statistik

Hari Ini : 363
Kemarin : 423
Minggu ini : 787
Bulan ini : 100,896
Total : 3,398,368
Hits Count : 3,283
Now Online : 4 User