Pemprovsu Selenggarakan Dialog Interaktif Terkait Penanggulangan Bencana di Sumut

28 November 2018 10:59:45 WIB
Pemprovsu Selenggarakan Dialog Interaktif Terkait Penanggulangan Bencana di Sumut

Medan,

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Sumatera Utara (Provsu) bekerjasama dengan Lembaga Penyiaran Publik Televisi Republik Indonesia (LPP TVRI) Sumut menyelenggarakan Dialog Interaktif dengan mengangkat Tema Penanggulangan Bencana di Sumut, Selasa (27/11)

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Utara Ir. Riadil Akhir Lubis selaku narasumber mengatakan Sumatera Utara khususnya Kabupaten Mandailing Natal (Madina) dilanda Banjir dan disertai longsor. Sejumlah rumah hanyut akibat banjir dan longsor Desa Muara Saladi Kecamatan Ulu Pungkut. Hampir 110 rumah hanyut yang berada di tepi sungai batang natal dan aek  batang gadis Kabupaten Mandailing Natal.

Untuk itu, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumut sedang menyiapkan relokasi untuk para pengungsi korban bencana yang ada di Kab. Mandailing Natal (Madina)

Lanjut dikatakannya, Penyebeb terjadinya Banjir yang salah satunya disebabkan oleh alam juga berpengaruh besar dengan tingkah laku pola hidup manusia khususnya yang bermukim di daerah dataran sungai. Pemerintah Provinsi Sumut sudah mengingatkan Bupati / Walikota agar dapat melakukan pengendalian tata ruang dan juga memberikan peringatan dini supaya mengendalikan Daerah Aliran Sungai (DAS). 

Sementara itu, Prakiraan Pelayanan Jasa BMKG Wilayah I Medan Budi Prasetyo, M. Si mengatakan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofikasi (BMKG) Medan terus memberikan informasi Peringatan dini terkait cuaca ekstrem kepada stake holder terkait.

“kita memberikan informasi diwilayah – wilayah mana saja yang berpotensi terjadinya potensi cuaca ekstrem. ujarnya”.

Oleh karena itu, upaya sudah dilakukan berupa himbauan untuk masyarakat dan Pemerintah Setempat yang masuk dalam rawan bencana banjir serta longsor agar dapat mengantisipasi dampak yang ditimbulkan tingginya curah hujan dan lainnnya. (LIP)

Berita Terkait

Indeks Berita

Polling

Apakah Dinas Komunikasi dan Informatika telah cukup memberikan informasi kepada publik
 Lumayan
 Kurang
 Sangat Bagus

Video

Pemprovsu Terus Tingkatkan Pertumbuhan Desa Dengan Bangdes-Madu

Tag

Statistik

Hari Ini : 378
Kemarin : 423
Minggu ini : 802
Bulan ini : 100,911
Total : 3,398,609
Hits Count : 3,524
Now Online : 4 User