Peringatan Hari Pahlawan Momentum untuk Melakukan Intropeksi Diri

11 November 2018 15:32:13 WIB
Peringatan Hari Pahlawan Momentum untuk Melakukan Intropeksi Diri

Medan,

Peringatan Hari pahlawan, menjadi momentum bagi bangsa Indonesia untuk melakukan intropeksi diri. Sampai seberapa jauh setiap komponem bangsa dapat mewarisi nilai-nilai kepahlawanan, melanjutkan perjuangan, mengisi kemerdekaan demi mencapai Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sejahtera, adil dan makmur.

Hal ini disampaikan  Menteri Sosial (Mensos) Republik Indonesia (RI) Agus Gumiwang Kartasasmita pada sambutannya yang dibacakan Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Provinsi Sumatera Utara (Provsu) H. M. Ayub, SE saat upacara bendera memperingati Hari Pahlawan di  Halaman Dinas Kominfo Provsu, Sabtu (10/11).

Setiap tanggal 10 November, bangsa Indonesia memperingati hari pahlawan untuk mengenang peristiwa pertempuran di Surabaya pada 73 tahun lalu yang merupakan perang fisik pertama setelah Bangsa Indonesia menyatakan kemerdekaannya.

Juga menambahkan bahwa di bulan November ingatan kolektif Bangsa akan tertuju pada keberanian, semangat pantang menyerah serta pengorbanan tanpa pamrih para pahlawan yang telah gugur mendahului kita. Para syuhada tersebut telah mewariskan  Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdiri kokoh sampai saat ini dan untuk selamanya.

Lebih lanjut dikatakannya, Peringatan hari pahlawan bukan semata mata sebuah acara namun harus sarat makna, bukan hanya sebagai prosesi  namun substansi setiap peringatan hari pahlawan harus dapat menggali dan memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari.

Tema hari pahlawan tahun ini adalah Semangat Pahlawan Di Dadaku mengandung makna sesuai fitrahnya dalam diri setiap insan tertanam nilai-nilai kepahlawanan. “oleh karenanya siapapun dapat menjadi pahlawan, setiap warga Negara Indonesia tanpa kecuali dapat berinisiatif mengabdi hal yang bermanfaat untuk kemaslahatan diri, lingkungan sekitar, bagi Bangsa dan Negara” ujarnya

Gubsu berharap melalui momentum peringatan hari pahlawan  masyarakat  Indonesia dapat berbuat yang terbaik bagi Bangsa Indonesia terlebih lagi  generasi muda. Karena Bangsa ini membutuhkan generasi muda yang kokoh dengan jati dirinya, mempunyai karakter lokal yang luhur, percaya diri dan generasi muda yang mempunyai pandangan global mampu berkolaborasi untuk kemajuan Bangsa serta mampu memanfaatkan kemajuan teknologi untuk menjadikan Indonesia diperhitungkan dalam bersaing dengan Negara lain. Untuk itu mari  berkontribusi bagi kemajuan bangsa mulai dari lingkungan terdekat yang pada akhirnya memberikan kekuatan dan ketahanan bagi bangsa dan Negara. (LIP)

Berita Terkait

Indeks Berita

Polling

Apakah Dinas Komunikasi dan Informatika telah cukup memberikan informasi kepada publik
 Lumayan
 Kurang
 Sangat Bagus

Video

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi Memperingati Hari Anti Narkotika Internasional (HANI)

Tag

Statistik

Hari Ini : 134
Kemarin : 568
Minggu ini : 702
Bulan ini : 112,473
Total : 4,176,247
Hits Count : 453
Now Online : 7 User